Comscore Tracker

Stok Tepung Terigu di Jogja Aman, Harga Masih Stabil

Disperindag DIY imbau warga tak panik

Yogyakarta, IDN Times - Harga tepung terigu atau tepung gandum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih stabil. Pejabat Fungsional Pengawas Perdagangan Muda Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) DIY, Sabar Santoso, menjelaskan selain stabil, stok tepung terigu yang tersedia masih aman.

"Sampai sekarang berdasarkan hasil monitoring untuk tepung terigu di DIY masih aman baik harga maupun persediaannya," kata Sabar Santoso, Senin (15/8/2022).

 

1. Tidak ada kenaikan harga tepung terigu di 3 pasar di Kota Yogyakarta

Stok Tepung Terigu di Jogja Aman, Harga Masih StabilPasar Beringharjo (IDN Times/Febriana Sinta)

Sabar menjelaskan berdasarkan hasil pemantauan di tiga pasar di Kota Yogyakarta yakni Pasar Demangan, Kranggan, dan Beringharjo tidak tercatat adanya kenaikan harga tepung terigu.

Pada 15 Agustus 2022, harga tepung terigu merek segitiga biru medium rata-rata dijual Rp11.667 per kilogram, cakra kembang dijual Rp12.000 kilogram, dan tepung terigu merek kunci rata-rata Rp9.333 per kilogram. "Mulai pekan pertama hingga pekan ketiga (Agustus) tidak ada kenaikan harga," kata Sabar dikutip Antara.

2. Stok tepung terigu di pedagang pasar aman

Stok Tepung Terigu di Jogja Aman, Harga Masih StabilIlustrasi pedagang pasar tradisional. IDN Times/Holy Kartika

Menurut Sabar berdasarkan catatan petugas Disdperindag DIY persediaan tepung terigu di kalangan pedagang masih aman. Sebagai sampel, stok yang dimiliki sembilan orang pedagang di Pasar Demangan, Kranggan, dan Beringharjo tercatat mencapai 550 kilogram, yang berarti aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat hingga empat hari ke depan.

Berdasarkan pendataan selama semester pertama 2022, menurut Sabar, pasokan tepung terigu ke DIY mencapai lebih dari 7,472 ton, dan yang terdistribusikan mencapai 6,211 ton.
Karena itu, ia berharap masyarakat di DIY tidak perlu panik dengan isu mengenai lonjakan harga serta menipisnya stok tepung terigu atau tepung gandum akibat ketidakstabilan ekonomi global karena pandemi dan perang Rusia-Ukraina.

"Jadi saya klarifikasi bahwa kenaikan harga tepung terigu yang katanya berlipat-lipat itu tidak ada di DIY," katanya.

Baca Juga: Peringati HUT RI, Ribuan Bendera Merah Putih Dipasang di Kota Jogja

Baca Juga: 5 Candi Kerajaan Mataram Kuno di Jogja, Ada Kisah Cinta Sejati Raja

3. Disperindah DIY terus pastikan kelancaran pasokan

Stok Tepung Terigu di Jogja Aman, Harga Masih Stabiltepung terigu (unsplash.com/Immo Wegmann)

Disperindag DIY, kata Sabar akan terus memastikan kelancaran pasokan dari para distributor serta terus mengintensifkan pantauan di sejumlah pasar tradisional. Tujuannya, untuk mengantisipasi lonjakan harga tepung terigu.

"Kami melakukan pantauan terus-menerus ke pasar dan distributor. Bila masyarakat kesulitan stok kami akan hubungkan dengan teman-teman distributor," ujar Sabar.

Baca Juga: 13 Promo Makan 17 Agustus di Jogja, Jangan Sampai Kehabisan!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya