Comscore Tracker

Pelecehan di Malioboro, Forpi: Evaluasi Proses Pemilihan Petugas     

Sanksi surat peringatan layak diberikan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta meminta proses pemilihan petugas Jogoboro Malioboro Kota Yogyakarta dilakukan evaluasi.

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba menyatakan evaluasi ini dilakukan agar sikap, perilaku dan pelayanan yang diberikan petugas Jogoboro Malioboro Kota Yogyakarta ke depannya lebih baik kepada para wisatawan yang ada di Malioboro. Hal ini menyusul tindakan petugas Jaga Malioboro (Jogoboro) yang diduga pelecehan berupa catcalling kepada wisatawan.  

 

1. Penting untuk menjaga kenyamanan wisatawan di Malioboro

Pelecehan di Malioboro, Forpi: Evaluasi Proses Pemilihan Petugas     twitter.com/RallaLembayung

Selain evaluasi rekrutmen, Forpi Kota Yogyakarta meminta UPT Malioboro Kota Yogyakarta selalu melakukan pembekalan kepada seluruh petugas Jogoboro. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas seluruh petugas Jogoboro dalam menjalani tugas sehari-hari di kawasan wisata Malioboro

"Hal itu penting dilakukan seluruh petugas untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para wisatawan di Malioboro," ucap Baharudin Kamba, Senin (8/2/2021). 

 

Baca Juga: Viral, Perempuan Jadi Korban Catcalling Petugas di Malioboro

2. Berharap tak ada lagi kasus serupa

Pelecehan di Malioboro, Forpi: Evaluasi Proses Pemilihan Petugas     Twitter.com/UPTMalioboro

Forpi Kota Yogyakarta mengapresisasi sikap Ketua UPT Malioboro, Ekwanto yang telah memanggil sejumlah oknum petugas Jogoboro Malioboro atas dugaan pelecehan secara verbal terhadap seorang pengunjung Malioboro Kota Yogyakarta.

Jika terbukti melakukannya maka sanksi tegas berupa dapat Surat Peringatan (SP) layak diberikan kepada sejumlah oknum Jogoboro Malioboro yang melakukan hal tidak pantas terhadap pengunjung Malioboro.

"Hal ini penting agar ke depannya kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Bagi petugas Jogoboro yang menjalankan tugasnya dengan baik dan memiliki sikap yang baik, maka layak diberikan penghargaan," terang Baharudin. 

3. Curhat @Rallalembayung viral di media sosial

Pelecehan di Malioboro, Forpi: Evaluasi Proses Pemilihan Petugas     Twitter.com/UPTMalioboro

Dugaan aksi pelecehan terhadap seorang pengunjung di kawasan wisata Malioboro Kota Yogyakarta oleh sejumlah oknum petugas Jogoboro Malioboro.

Sebuah akun Twitter @RallaLembayung menceritakan dirinya digoda oleh sejumlah oknum Jogoboro Malioboro. Namun tidak menjelaskan kapan peristiwa tersebut terjadi.

Korban juga mengaku masih sempat digoda oleh oknum petugas Jogoboro Malioboro di lokasi yang berbeda.

 

Baca Juga: 5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcalling

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya