Muhammdiyah Besok Mulai Puasa, Ini Pesan dari Haedar Nashir 

Muhammadiyah memulai puasa besok Sabtu (2/4/2022)

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak umat muslim selama bulan puasa dapat meningkatkan kesalehan pribadi yang memancarkan kesalehan dalam bermasyarakat.

"Meningkatkan kesalehan pribadi, yang memancar dalam kesalehan keluarga dan kehidupan masyarakat, bangsa, serta dunia kemanusiaan semesta," tutur Haedar, hari ini Jumat (1/4/2022).  

1. Bulan puasa untuk memperat persaudaraan

Muhammdiyah Besok Mulai Puasa, Ini Pesan dari Haedar Nashir Haedar Nashir (muhammadiyah.or.id)

Haedar mengatakan bahwa Bulan Ramadhan 1443 Hijriah merupakan wahana untuk mempererat ukhuwah atau persaudaraan baik sesama kaum muslim maupun sesama bangsa.

Suasana kebersamaan, saling tolong menolong, berbagi dan peduli, serta membangun kehidupan bersama dalam keragaman, diharapkan Haedar dapat terwujud selama bulan puasa.

"Kaum muslim diharapkan mampu menebar nilai-nilai perdamaian, kebaikan, keluhuran moral, serta berbagai dan keutamaan dalam hidup," kata Haedar melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: 5 Tempat Favorit di Jogja untuk Tradisi Padusan Jelang Ramadan

2. Bulan Ramadan dapat membangkitkan peran sosial

Muhammdiyah Besok Mulai Puasa, Ini Pesan dari Haedar Nashir Ilustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Guru Besar Sosiologi ini juga meminta di bulan Ramadan dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk berhijrah secara spiritual, intelektual, serta membangkitkan peran sosial yang mampu membawa kepada pencerdasan, pembebasan, kemajuan dan membangun peradaban yang utama.

“Insyaallah jika ibadah puasa dan seluruh rangkaian ibadah ditunaikan dengan rukun, khusyu, dan tahsinah yang baik, maka akan melahirkan insan-insan yang 'al-muttaqun' (bertakwa)," ujar Haedar.

3. Muhammadiyah memulai puasa Sabtu (2/4/2022)

Muhammdiyah Besok Mulai Puasa, Ini Pesan dari Haedar Nashir Ilustrasi pengamatan hilal. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Muhammadiyah resmi mengumumkan hari pertama puasa Ramadan 2022 akan berlangsung pada Sabtu, 2 April 2022. Awal puasa ini berbeda dengan tanggal penetapan dari pemerintah. Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada Minggu, 3 April 2022. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya