Malam Ini Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer   

Hujan di puncak gunung, BPPTKG ingatkan aktivitas warga

Sleman, IDN Times - Gunung Merapi hari ini Selasa (9/11/2021) malam, meluncurkan awan panas guguran sejauh dua kilometer ke arah Barat Daya pada pukul 18.17 WIB. Berdasarkan pernyataan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, awan panas guguran terjadi selama 180 detik. 

"Awan panas guguran tercatat di alat seismogram dengan amplitudo 35 mm dan durasi 180 detik," kata Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/11/2021). 

 

 

1. Perkiraan awan panas dan lontaran material

Malam Ini Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer   Awan panas Merapi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

BPPTKG memperkirakan guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Baca Juga: Merapi Masih Aktif, BPPTKG Ingatkan Puncak Gunung Diguyur Hujan Lebat 

Baca Juga: PSS Sleman Pulang ke Rumah, Lagu Sampai Kau Bisa Menggema di Jalan   

2. Terjadi 10 kali lava pijar

Malam Ini Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer   Lava pijar Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Hasil pengamatan BPPTKG hari ini dari pukul 00.00 sampai 18.00 WIB, tercatat sebanyak 10 kali guguran lava pijar meluncur dari puncak gunung sejauh 1.800 meter ke arah Barat Daya.

“Terdengar suara guguran satu kali dengan intensitas di bawah sedang selama pengamatan Merapi pukul 06.00 sampai 12.00 WIB,” kata Hanik. 

3. Hujan di puncak gunung, BPPTKG ingatkan aktivitas warga

Malam Ini Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer   Sejumlah pengendara melintasi Jalan Boyolali-Magelang dengan berlatar belakang Gunung Merapi di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/foc.).

Berkaitan dengan curah hujan yang mengguyur puncak Gunung Merapi pukul 14.51 WIB hingga 71 mm, Hanik meminta masyarakat mewaspadai potensi lahar hujan di sepanjang alur sungai yang berhulu Merapi.

"Masyarakat yang beraktivitas di alur sungai yang berhulu di Merapi agar mewaspadai bahaya lahar." 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya