Comscore Tracker

Lansia di Kota Yogyakarta Peroleh Booster Kedua Pertengahan Desember 

Dinas Kesehatan mulai siapkan tenaga kesehatan

Pemerintah Kota Yogyakarta akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua pada pertengahan bulan Desember. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan sasaran utama vaksinasi ini adalah para lanjut usia atau lansia yang telah memenuhi syarat untuk mendapat vaksinasi booster kedua.

“Untuk saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, untuk mendata jumlah lansia di 14 Kemantren yang sudah memenuhi syarat mendapatkan vaksinasi booster kedua. Jadi vaksin yang didistribusikan dari pusat itu jumlahnya jelas, supaya tidak ada vaksin yang terbuang, karena masa simpannya itu ada batas waktunya,” kata Emma, Kamis (1/12/2022).

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Kelompok Lanjut Usia, disebutkan vaksinasi tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat Covid-19.

Syarat vaksin Covid-19 booster dosis kedua bagi lansia antara lain, sudah mendapat vaksin Covid-19 booster dosis pertama minimal 6 bulan sebelumnya, berusia di atas 60 tahun, dan dalam kondisi sehat.

1. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mulai siapkan tenaga kesehatan

Lansia di Kota Yogyakarta Peroleh Booster Kedua Pertengahan Desember Ilustrasi nakes APD (ANTARA FOTO/Fauzan)

Emma menambahkan sembari mendata lansia Kota Yogyakarta yang memenuhi syarat untuk mendapat vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan setiap puskesmas di Kemantren untuk menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) yang nantinya akan melayani vaksinasi.

“Tenaga kesehatan di setiap puskesmas juga kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik, kemungkinan pertengahan Desember nanti akan dimulai dan pelaksanaannya secara massal. Jadi dalam satu hari kurang lebih bisa melayani seribu orang,” katanya.

2.Capaian vaksinasi Covid-19 booster pertama capai 120 persen

Lansia di Kota Yogyakarta Peroleh Booster Kedua Pertengahan Desember Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Menurut Emma Rahmi Aryani, terhitung bulan November tahun 2022, jumlah vaksinasi Covid-19 dosis booster pertama di Kota Yogyakarta sudah mencapai 120 persen dari sekitar 400 ribu jumlah penduduk.

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis booster pertama itu, kata Emma, dihitung tanpa membedakan status kependudukan. Karena ada sekitar 80 ribu penduduk yang ber-KTP luar Kota Yogyakarta, mengakses layanan vaksinasi di puskesmas wilayah Kota Yogyakarta.

“Kota Yogyakarta kan punya sekitar 40 ribuan penduduk, artinya 120 persen capaian vaksinasi booster pertama itu ditambah sekitar 80 ribu orang yang mendapat vaksinasi tapi bukan ber-KTP kota. Sampai sekarang, ketersediaan vaksin booster pertama masih ada di setiap puskesmas wilayah,” jelasnya.

Baca Juga: Mulai 2023, Depo Sampah di Kota Yogyakarta hanya Terima Sampah Organik

3. Dinas Kesehatan Yogyakarta ingatkan warga untuk tetap taat protokol kesehatan

Lansia di Kota Yogyakarta Peroleh Booster Kedua Pertengahan Desember Vaksinator menunjukkan vaksin Moderna untuk dosis ketiga atau booster di RSUD Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Selain vaksin, Emma juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap taat menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas. Terlebih menjelang libur akhir tahun, di mana Kota Yogyakarta akan dibanjiri oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kami siapkan warga Kota Yogyakarta itu sudah vaksin booster pertama. Meski kasus Covid-19 di Kota Yogya cenderung menurun, gejalanya juga ringan, tapi taat protokol kesehatan itu nomor satu,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Yogyakarta dengan Tropical Vibes, Fresh Banget!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya