Bandara YIA Kulon Progo Layani Penerbangan Perdana Kuala Lumpur  

AirAsia YIA-KUL-YIA akan beroperasi 2 kali seminggu 

Kulon Progo, IDN Times - Mulai Jumat (29/4/2022), Yogyakarta International Airport (YIA) mulai melayani penerbangan perdana internasional yang ditandai dengan mendaratnya pesawat AirAsia AK 348 dari Kuala Lumpur Malaysia.

1. Penerbangan perdana membawa 171 penumpang

Bandara YIA Kulon Progo Layani Penerbangan Perdana Kuala Lumpur  Bandara YIA - IDN Times/Siti Umaiyah

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA membawa sebanyak 171 penumpang, 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Kedatangan AirAsia AK 348 disambut dengan prosesi seremonial water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran PT Angkasa Pura I YIA.

"Ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi secara penuh bertepatan dengan wabah pandemi COVID-19 di Indonesia tahun 2020 lalu," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi melalui keterangan tertulis pada  Sabtu (30/4/2022). 

2. Penerbangan internasional diharapkan tingkatkan ekonomi dan pariwisata

Bandara YIA Kulon Progo Layani Penerbangan Perdana Kuala Lumpur  ide pose foto di Yogyakarta International Airport. (instagram.com/riska_masrudin)

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional.

"Kami berkomitmen untuk terus memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku. Kami optimis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta," kata Faik Fahmi.

 

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Asrinya Kulon Progo dari Ketinggian

Baca Juga: Berlebaran di Yogyakarta, Jokowi Bagi 5 Ribu Sembako di Gedung Agung  

3. AirAsia YIA-KUL-YIA akan beroperasi 2 kali seminggu

Bandara YIA Kulon Progo Layani Penerbangan Perdana Kuala Lumpur  Pesawat AirAsia (IDN Times/Helmi Shemi)

Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine mengatakan penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi dua kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Jumat dan Minggu.

Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana mencapai kapasitas jumlah penumpang (load factor) 92 persen.

“Kami melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya pemulihan sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemik. Kita akan terus berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura I untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki,” katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya