6 Juta Lebih Wisatawan Piknik ke Kota Yogyakarta 

7 ribu orang per hari berkunjung ke Taman Pintar

Yogyakarta, IDN Times - Jumlah kunjungan wisata di Taman Pintar Yogyakarta selama libur akhir tahun melonjak hingga empat kali lipat dibanding kunjungan harian. Rata-rata kunjungan wisatawan mencapai 7 ribu orang per hari.

1. Rombongan keluarga dan anak sekolah luar daerah dominasi kunjungan ke Taman Pintar

6 Juta Lebih Wisatawan Piknik ke Kota Yogyakarta tamanpintar.co.id

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Yogyakarta, Retno Yuliani menuturkan selama liburan, rombongan siswa sekolah dan keluarga dari luar daerah mendominasi tempat wisata edukasi tersebut. 

"Selama libur akhir tahun wisatawan bisa menikmati alat peraga baru seperti sepeda digital, x-ray interaktif, multi shape mirror, peraga lorong cermin, dan peraga sepeda roda kotak. Kami juga menyegarkan beberapa alat peraga seperti jembatan sains,” ujar Retno dikutip Antara, Sabtu (31/12/2022). 

 

2. Sebanyak 5 ribu orang wisata ke GL Zoo

6 Juta Lebih Wisatawan Piknik ke Kota Yogyakarta Instagram.com/glzoojogja

Selain Taman Pintar, peningkatan kunjungan wisata juga terjadi di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) dengan rata-rata kunjungan sekitar 4 ribu hingga 5 ribu orang per hari.

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan mengatakan, GL Zoo mengoptimalkan dua pintu masuk, di sisi barat atau di Jalan Veteran dan di sisi timur atau di Jalan Kebun Raya.

Selama libur akhir tahun juga akan dilakukan penyesuaian tarif kunjungan dari Rp60 ribu menjadi Rp75 ribu yang akan berlaku hingga 1 Januari 2023. Pengunjung bebas menikmati fasilitas seperti kereta dan kapal dan edukasi satwa.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Sup Ikan di Jogja, Maknyus!

Baca Juga: Bikers, Ada Tempat Baru Bersepeda di Kebun Binatang Gembira Loka

3. Sebanyak 6 juta wisatawan datang ke Kota Yogyakarta

6 Juta Lebih Wisatawan Piknik ke Kota Yogyakarta Ilustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, total kunjungan wisatawan hingga akhir November sudah mencapai sekitar enam juta orang. Jumlah tersebut sudah melebihi target kunjungan yang ditetapkan pada 2022 yaitu sekitar dua juta wisatawan

Baca Juga: Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya