Comscore Tracker

Wisata Pantai di Bantul Belum Dibuka, 600 Kendaraan Putar Balik 

Tetap pengin piknik, wisatawan pilih lewat jalan tikus 

Bantul, IDN Times - ‎Ratusan kendaraan bermotor yang akan berwisata menuju Pantai Samas, Parangtritis dan sekitarnya harus gigit jari. Pasalnya, sejak pagi petugas keamanan telah berjaga di lokasi tempat pemungutan retribusi (TPR), untuk melarang para wisatawan memasuki lokasi wisata yang terletak di Kabupaten Bantul. 

1. Ratusan kendaraan wisatan diputar balik di TPR Pantai Samas‎

Wisata Pantai di Bantul Belum Dibuka, 600 Kendaraan Putar Balik Penyekatan wisatawan di TPR Pantai Samas, Bantul, Minggu (19/9/2021). (IDN TImes/Daruwaskita)

Salah seorang petugas keamanan sekaligus anggota Satgas COVID-19, Sersan Dua (Serda) Hariyono mengatakan sejak pagi hingga pukul 14.00 WIB, tim keamanan telah memutar balik sekitar 600 mobil pribadi hingga kendaraan roda dua .

"Kalau dihitung sekitar 600 mobil dan sepeda motor milik wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Samas, Gua Cemara hingga Pantai Baru kita putar balik. Saat ini wisata pantai belum dibuka," katanya ditemui di TPR Pantai Samas, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap di Hutan Pinus, Puluhan Kendaraan Putar Balik  

2. Wisatawan pilih lewat jalan tikus

Wisata Pantai di Bantul Belum Dibuka, 600 Kendaraan Putar Balik Penyekatan wisatawan di TPR Pantai Samas, Bantul, Minggu (19/9/2021). (IDN TImes/Daruwaskita)

Meski petugas memutar balik ratusan kendaraan milik wisatawan, namun pantai tetap ramai dengan wisatawan. Menurut Hariyono, para wisatawan telah mengetahui jalan tikus di sepanjang jalur jalan lintas selatan (JJLS) pantai di Bantul.

"Lewat jalan perkampungan menuju objek wisata pantai mulai dari Pantai Samas hingga Pantai Baru," ungkap anggota TNI AL  ini. 

3. Saat ini hanya Hutan Pinus Sari yang buka di Bantul

Wisata Pantai di Bantul Belum Dibuka, 600 Kendaraan Putar Balik Obyek wisata Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis mengatakan objek wisata di Bantul yang baru dibuka hanyalah Hutan Pinus Sari Mangunan. 

"Ya kalau sudah benar-benar bosan dan ingin berwisata, silakan datang ke Pinus Sari saja. Kalau objek wisata lainnya masih tutup," terang politisi PAN ini.

Wildan menyatakan Dinas Pariwisata Bantul sudah mengajukan Pantai Gua Cemara untuk dijadikan salah satu tempat uji coba pembukaan wisata. Harapannya pemerintah pusat menyetujuinya karena sudah mengantongi sertifikat CHSE.

"Dari informasi akan ada tambahan lima objek wisata di DIY yang akan diuji coba pembukaan saat PPKM level 3 ini. Ya semoga Pantai Gua Cemara bisa disetujui," ucapnya.‎

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya