Comscore Tracker

WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta 

Polisi melacak pelaku ada di Surabaya

Bantul, IDN Times - ‎Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengaku nomor WhatsApp milikna telah diretas. Tak hanya itu nomor WhatsApp juga digunakan aksi penipuan dengan meminta sejumlah uang dengan alasan untuk keperluan mendesak.

"Ya memang benar, WhatsApp saya diretas oleh orang tak bertanggung jawab pada Selasa (9/5/2023) yang lalu," katanya, Jumat (12/5/2023).

1. Pelaku meminta mengirimkan uang Rp2 juta untuk biaya pendidikan‎ keponakan

WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Dalam waktu bersamaan, sekretaris pribadinya menerima sebuah pesan untuk mengirimkan uang Rp2 juta. Si pengirim pesan mengaku mobile banking sedang error dan meminta tolong mengirimkan ke nomor rekening dengan alasan untuk membayar sekolah keponakan Rp2 juta.

"Sespri saya konfirmasi apakah benar itu, saya baru sadar nomor WhatsApp saya diretas orang," ungkapnya.

2. Pelaku berada di Surabaya

WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta Ilustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Atas kejadian itu, Halim mengaku sudah melaporkan ke polisi. Dari hasil pelacakan pelaku peratasan berada di Surabaya. "Posisi pelaku menurut polisi ada di Surabaya," ungkapnya.

Meski nomor WhatsApp sempat diretas, Halim mengaku sejuah ini belum ada pihak yang menjadi korban tindakan yang tidak bertanggungjawab tersebut.

"Belum ada korban karena masyarakat semakin cerdas. Ketika mendapatkan pesan dari nomor saya langsung konfirmasi saya melalui ajudan," tandasnya.‎

 

Baca Juga: WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang 

3. Bupati Sleman alami hal sama

WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Hal yang sama menimpa Bupati Sleman. Kustini Sri Purnomo mengaku tidak bisa mengakses nomor WhatsApp miliknya sejak Selasa (9/5/2023) pagi.

Kustini mengungkap nomor miliknya yang telah diretas, sudah digunakan untuk berkirim pesan. Ada beberapa pihak yang telah mendapatkan pesan untuk dimintai sejumlah uang dengan modus diberikan kepada keponakan Kustini. 

Baca Juga: Akun Twitter Bupati Sleman Kena Suspend, Sempat Diretas

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya