Ini Sebab TPST Piyungan Ditutup Lagi Selama 3 Hari

Pemda DIY memperbaiki dermaga sampah hingga akses jalan

Bantul, IDN Times - ‎Pemda DIY menutup sementara operasional TPST Piyungan selama tiga hari, terhitung pada Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) yang akan datang. Penutupan sementara TPST ini karena adanya perbaikan tempat pembuangan dan juga akses jalan masuk TPST Piyungan yang mengalami kerusakan.

"Ya baru ada perbaikan tempat pembuangannya. Kemarin kan tempat pembuangan memprihatinkan karena di tepi jalan," kata Ketua Paguyuban Pemulung Mardiko TPST Piyungan, Maryono, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: TPST Piyungan Ditutup Lagi, Warga Diminta Tak Buang Sampah Dulu

1. Akses ke dermaga sempit karena tertutup sampah‎

Ini Sebab TPST Piyungan Ditutup Lagi Selama 3 HariKetua Payuban Pemulung "Mahardiko" TPST Piyungan, Maryono. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Maryono, pengerjaan perbaikan pembuangan sampah dilakukan dengan menguruk tanah di sekitar dermaga. Harapannya truk pengangkut sampah tidak lagi membuang sampahnya di tepi jalan karena akses jalan lebih luas.

"Karena akses ke dermaga dulunya sempit dan banyak sampah. Sekarang ditimbun tanah agar jalan ke dermaga lebih baik dan truk bisa membuang sampah ke dermaga lagi," ungkapnya.

2. Jalan yang penuh sampah mengganggu akses warga

Ini Sebab TPST Piyungan Ditutup Lagi Selama 3 HariTPST Piyungan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Penyebab truk sampah membuang sampah di tepi jalan yang merupakan akses warga karena tumpukan sampah di dermaga juga sudah penuh.

"Lah jalan itu kan jadi akses warga, kalau tertutup sampah kan tidak bisa untuk akses warga," tuturnya. "Jadi truk sampah yang membuang sampah di tepi jalan sudah dikeluhkan oleh warga sekitar."

3. Akses jalan menuju TPST Piyungan mengalami kerusakan‎

Ini Sebab TPST Piyungan Ditutup Lagi Selama 3 HariTPST Piyungan. IDN Times/Daruwaskita

Lebih lanjut Maryono banyaknya truk pengangkut sampah yang lalu lalang bahkan antrean truk sampah hingga 1,5 kilometer berdampak pada kerusakan akses jalan. Ketika hujan lebat akses jalan juga membahayakan bagi masyarakat yang melintas.

"Kalau hujan becek, licin dan sering menjatuhkan orang," tuturnya.‎

Baca Juga: Sopir Truk Sampah Curhat Antre Berjam-jam di TPST Piyungan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya