Comscore Tracker

Puncak Arus Balik Ribuan Penumpang Padati YIA dan Stasiun Yogyakarta  

Hari ini puncak arus balik libur Nataru 

Kulon Progo, IDN Times - Ribuan penumpang pesawat memadati Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kabupaten Kulon Progo, Minggu (3/1/2020). 

Airport Dity Manager (ADM), Bandara YIA, Zulkifar Nooer menjelaskan keramaian bandara karena bertepatan dengan puncak arus balik libur Natal  2020 dan Tahun Baru 2021. "Hari ini puncak arus balik karena besuk sudah masuk kerja," katanya pada Minggu (3/1/2021).

1. Jumlah penumpang naik 5.000 orang

Puncak Arus Balik Ribuan Penumpang Padati YIA dan Stasiun Yogyakarta  Calon penumpang di Yogyakarta International Airport. IDN Times/Holy Kartika

Dari keterangan Zulfikar, jumlah penumpang hari ini mencapai sekitar 7.700 penumpang yang terdiri dari 2.400 penumpang datang di YIA dan sekitar 5.000 penumpang berangkat.

"Hari ini total pergerakan pesawat pulang pergi sebanyak 92," ucapnya.

Pada hari biasa jumlah penumpang di Bandara YIA sekitar 4.000 baik kedatangan atau keberangkatan. "Hari ini keberangkatan penumpang lebih dari 5.000 penumpang. Meski naik namun jumlah keberangkatan penumpang tak sesuai prediksi," ucapnya.

Baca Juga: Pecah Rekor, 13 Pasien COVID-19 di Rumah Sakit DIY Meninggal!   

2. Target penumpang pesawat di YIA tak tercapai

Puncak Arus Balik Ribuan Penumpang Padati YIA dan Stasiun Yogyakarta  Penumpang maskapai Garuda Indonesia keluar dari pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. IDN Times/Holy Kartika

PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan perkiraan atau target jumlah penumpang mencapai 9.000 per hari. Namun hal tersebut tidak dapat tercapai.

"Kita memprediksi penumpang bisa mencapai 9.000-an karena penumpang yang datang sebelumnya sekitar 8.700 orang. Kita memprediksi ada pergerakan pesawat sampai 90 atau naik 30 persen sebelum libur Nataru," katanya.
 

3. Libur berakhir, 3.600 penumpang kereta hari ini berangkat dari Yogyakarta

Puncak Arus Balik Ribuan Penumpang Padati YIA dan Stasiun Yogyakarta  Stasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Hal yang sama terjadi pada pada penumpang kereta api.  Puncak arus balik libur panjang akhir tahun 2020, terjadi hari ini, dengan perkiraan jumlah penumpang berangkat dari stasiun di Yogyakarta sebanyak 3.600 penumpang.

“Hari ini diperkirakan menjadi puncak arus balik pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. Totalnya ada sebanyak 7.620 penumpang yang akan diberangkatkan dari berbagai stasiun, Yogyakarta sendiri akan diberangkatkan sekitar 3.600 penumpang,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto.  

Ribuan penumpang tersebut diberangkatkan menuju berbagai tujuan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, dan Semarang.

Baca Juga: Merapi Keluarkan Guguran Material Sepanjang 1,5 Kilometer  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya