Libur Waisak, 75.624 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Bantul

Kunjungan wisatawan sudah kembali normal

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke objek wisata di Kabupaten Bantul selama akhir pekan hingga libur Hari Raya Waisak tercatat mencapai 76.624 orang. Angkat tersebut mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp647,7 juta.

Baca Juga: 242 Ribu Orang Berwisata ke Bantul Selama Libur Lebaran

1. Pantai Parangtritis masih jadi objek wisata paling favorit dikunjungi wisatawan‎

Libur Waisak, 75.624 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata BantulWisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, saat libur Lebaran, Rabu (4/5/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pada objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul, terbanyak di Pantai Parangtritis. Kemudian menyusul sejumlah pantai lainnya di selatan Bumi Projotamansari.

"Pantai Parangtritis masih menjadi tempat favorit kunjungan wisatawan pascalibur Lebaran," katanya, Selasa (17/5/2022).

2. Optimis Bantul masih ramai‎ dikunjungi hingga akhir Mei 2022

Libur Waisak, 75.624 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata BantulTPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini optimistis selama bulan Mei 2022 kunjungan wisatawan ke Bantul pada akhir pekan masih akan ramai. Kendati tidak seramai saat libur Lebaran.

"Pada pekan depan masih ada tanggal merah yang dimungkinkan wisatawan masih akan ramai berkunjung ke Bantul," ungkapnya.

3. Kunjungan wisatawan ke Bantul sudah kembali normal seperti sebelum pandemik COVID-19‎

Libur Waisak, 75.624 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata BantulKepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabawa.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan selama bulan Mei 2022 mencapai 350 ribu hingga 400 ribu wisatawan. Angka tersebut diperkirakan menyumbang Rp3,5 miliar-Rp 4 miliar ke PAD Bantul.

Ia optimistis target tersebut tercapai dengan kelonggaran dari pemerintah bagi masyarakat untuk bepergian di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Kami asumsikan kunjungan wisatawan ke Bantul ini seperti sebelum pandemi. Dimulai dari libur Lebaran hingga akhir bulan Mei optimis bisa meraih PAD Rp3,5 hingga Rp4 miliar," katanya.‎

Baca Juga: Panen Raya, Petani Bawang Merah Bantul Raup Untung Besar 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya