Libur Nataru, Wisatawan Dihimbau Tak Lewati Jalur Cinomati

Empat ruas jalan di Bantul berpotensi penumpukan kendaraan

Bantul, IDN Times - ‎Jajaran Satlantas Polres Bantul bersiap untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Bumi Projotamansari saat libur Natal dan Tahun Baru. Sejumlah titik menjadi perhatian khusus dari jajaran Satlantas Polres Bantul karena merupakan pusat penumpukan arus kendaraan atau memiliki medan yang ekstrem, di antaranya adalah Tanjakan Cinomati di Ploso, Wonolelo, Pleret, Bantul.

1. Empat ruas jalan rawan terjadinya penumpukan arus lalu-lintas saat libur Nataru‎

Libur Nataru, Wisatawan Dihimbau Tak Lewati Jalur CinomatiKasat Lantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan (kiri). (IDN Times/Daruwaskita)

Kasat Lantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan mengatakan empat titik yang mendapatkan perhatian khusus dengan menempatkan personel kepolisian di antaranya Simpang Tiga Piyungan, Jalan Parangtritis, Simpang Empat Druwo, dan Jalan Jogja-Wates tepatnya di Sedayu.

"Pada empat ruas jalan tersebut akan kita tempatkan personel kepolisian karena merupakan daerah perbatasan dan juga jalur utama menuju destinasi wisata," katanya, Senin (19/12/2022).‎

Dari empat titik yang mendapatkan perhatian khusus, terdapat dua ruas jalan yang rawan terjadinya keramaian dan kemacetan arus lalu-lintas yakni Simpang Tiga Piyungan yang merupakan daerah perbatasan antara Bantul dan Gunungkidul, serta Jalan Parangtritis yang merupakan jalur utama menuju destinasi pantai selatan di Bantul.

"Dua ruas jalan itu akan sangat ramai saat menjelang Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Baca Juga: Masih Nekat lewat Cinomati, Banyak Kendaraan Gagal Nanjak

2. Jalur Cinomati mendapatkan perhatian khusus dari petugas

Libur Nataru, Wisatawan Dihimbau Tak Lewati Jalur CinomatiTanjakan Cinomati di Wonolelo, Pleret, Bantul (jogja.polri.go.id)

Fikri juga menjelaskan jalur Cinomati yang medannya cukup ekstrem akan mendapatkan perhatian khusus. Seba di jalur tersebut sering terjadi kendaraan tidak kuat menanjak hingga terjadi kecelakaan terutama bagi pengguna jalan yang tidak hafal medan jalannya.

"Petugas akan menghimbau pengguna jalan menggunakan gigi rendah ataupun mengalihkan arus melalui Jalan Imogiri-Mangunan yang dinilai lebih aman serta jalan cukup lebar," ucapnya.

3. Lakukan ramp check kendaraan angkutan umum‎

Libur Nataru, Wisatawan Dihimbau Tak Lewati Jalur CinomatiIlustrasi ramp check bus pariwisata. (IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh, Fikri mengatakan pihaknya bersama dengan Dinas Perhubungan Bantul juga telah melakukan ramp check pada kendaraan umum pengangkut penumpang seperti bus antar kota antara provinsi hingga bus pariwisata hingga kendaraan jip wisata.

"Kita lakukan ramp check untuk memastikan kendaraan laik jalan," pungkasnya.‎

Baca Juga: Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin Murah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya