Comscore Tracker

Diduga Terlibat Klitih, Puluhan Remaja Ditangkap Polres Bantul

Bantul darurat kejahatan klitih

Bantul, IDN Times - ‎Sedikitnya 23 pelaku yang diduga pelaku tindak kejahatan jalanan atau klitih ditangkap oleh jajaran Polres Bantul dalam kurun waktu satu pekan terakhir ini.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tujuh di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sisanya masih dalam pendalaman oleh penyidik.

Baca Juga: Bacok Pengendara Motor, 4 Pelaku Klitih di Bantul Ditangkap

1. Penangkapan pelaku klitih di enam lokasi di Bantul dan Kota Yogyakarta‎

Diduga Terlibat Klitih, Puluhan Remaja Ditangkap Polres BantulKapolres Bantul, AKBP Ihsan (tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan para pelaku yang sebagian masih pelajar ini tertangkap oleh aparat saat menggelar operasi dalam Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam waktu sepekan terakhir ini di enam lokasi yang berbeda.

"Lokasi penangkapan berada di wilayah Kapanewon Sewon sebanyak dua kasus, Kapanewon Bambanglipuro, Kapanewon Bantul, Patangpuluhan Wirobrajan Kota Yogyakarta dan Kapanewon Banguntapan," katanya, Senin (29/11/2021).

2. Sebagian besar pelaku klitih masih berstatus pelajar‎

Diduga Terlibat Klitih, Puluhan Remaja Ditangkap Polres BantulKapolres Bantul, AKBP Ihsan berdialog dengan salah satu tersangka klitih. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya para pelaku tersebut adalah pelaku yang selama ini meresahkan warga di wilayah Yogyakarta pada umumnya termasuk Bantul. Mirisnya, para pelaku yang ditangkap sebagian besar masih usia pelajar.

"Ada 20 pelaku yang kita amankan statusnya masih pelajar," ungkapnya.

Modus yang digunakan oleh para pelaku adalah mereka bergerombol kemudian berkeliling naik sepeda motor. Saat dihentikan oleh petugas dilakukan penggeledahan ditemukan adanya senjata tajam. Ada pula yang melakukan perusakan dan penganiayaan.

"Sebelum mereka melakukan aksinya, mereka mengkonsumsi obat keras (pil koplo) supaya lebih berani," ucapnya.

Baca Juga: 9 Remaja Diduga Pelaku Klitih Diciduk Polsek Kasihan Bantul

3. Sepeda motor hingga senjata tajam diamankan untuk barang bukti‎

Diduga Terlibat Klitih, Puluhan Remaja Ditangkap Polres BantulBarang bukti kejahatan klitih yang diamankan oleh polisi. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara untuk barang bukti yang diamankan kata Ihsan diantara enam unit sepeda motor, beberapa benda sajam diantaranya pedang, celurit, gir, gesper burujung paku, gergaji bulat dengan gagang besi, pedang bergerigi hingga pakaian milik pelaku.

"Kejahatan jalan yang pelakunya pelajar tentunya bukan semata tanggung jawab aparat kepolisian. Namun juga ada peran dari orang tua, peran dari guru dan stakeholder terkait," terangnya.

Ihsan berjanji meski para pelaku usianya masih pelajar namun pihaknya berjanji akan memberikan tindakan tegas kepada tersangka yang terbukti melakukan tindakan penganiayaan dengan senjata tajam di jalanan.

"Jangan lakukan kejahatan dijalanan, kami akan tindak tegas meski mereka masih pelajar," ungkapnya.

4. Bantul statusnya sudah darurat kejahatan klitih, perlu tindakan tegas aparat kepolisian‎

Diduga Terlibat Klitih, Puluhan Remaja Ditangkap Polres BantulKetua Komisi D, DPRD Bantul, Enggar Suryo Jatmiko (kiri).(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Enggar Suryo Jatmiko, tak kaget jika puluhan pelaku klitih yang ditangkap masih berusia pelajar.

"Endak kaget saya, setiap hari, setiap malam jalan di depan rumah saya itu banyak klitih yang berkeliaran. Saya juga sampai gemas melihat perilaku mereka," ujarnya.

Tindakan tegas harus diberikan kepada tersangka klitih yang melakukan tindak penganiayaan apalagi hingga korban meninggal dunia.

"Keluarga korban pasti menuntut keadilan, apalagi yang meninggal hanya korban salah sasaran dan tidak punya masalah. Di bawah umur silakan tapi keadilan harus ditegakkan, keluarga korban yang meninggal tidak terima," ungkapnya.

Lebih jauh, politisi Partai Gerindra ini juga menduga para pelaku klitih ini mengkonsumsi pil koplo yang harganya murah agar semakin berani menjalankan aksi kejahatannya di jalananan.

"Kalau saya kira kejahatan klitih di Bantul ini statusnya sudah darurat, sudah dalam tahap kritis dan perlu tindakan tegas dan terukur dari aparat kepolisian," pungkasnya.‎

Baca Juga: Bacok Remaja di Bantul dengan Clurit, Tiga Pelaku Klitih Ditangkap

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya