Klitih Beraksi, Pulang Bukber Pelajar di Bantul Luka Disabet Sajam

1 pelaku ditangkap, seorang lagi masih buron

Bantul, IDN Times - ‎seorang pelajar bernama DK (17) , asal Kapanewo Jetis Bantul menjadi korban klitih saat dirinya bersama sejumlah temannya melintas di Jalan Samas Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro pada Minggu (30/4/2022) malam.

Korban mengalami luka di bagian tangan yang diduga terkena sabetan senjata gir yang telah dimodifikasi.

1. Korban dipepet pelaku dan disabet dengan senjata gir

Klitih Beraksi, Pulang Bukber Pelajar di Bantul Luka Disabet SajamIlustrasi kekerasan di jalanan. (Pixabay/Republica)

Kapolsek Bambanglipuro, AKP Khabibulloh mengatakan kejadian kejahatan jalanan yang menimpa korban berawal saat korban DK bersama dengan teman sekelas buka bersama. Selanjutnya sekitar pukul 19.00 WIB, mereka menuju Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan berencana pulang ke rumah melalui Jalan Samas.

Saat melintas di Jalan Samas tepat di Padukuhan Selo, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, korban dan rekannya tiba-tiba dipepet satu unit motor matic. 

"Korban dipepet, pelaku bertanya kepada korban sekolah dimana? Kemudian pelaku menyabet korban dengan benda yang diduga gesper semacam senjata gir yang dimodifikasi dan mengenai tangan korban," katanya, Minggu (1/5/2022).

2. Warga tangkap pelaku

Klitih Beraksi, Pulang Bukber Pelajar di Bantul Luka Disabet SajamIlustrasi, tersangka. Shutterstock

Pelaku kemudian mengejar rekan korban yang berada di depan serta melakaukan hal yang sama menyabet benda yang diduga gesper atau senjata gir yang telah dimodifikasi. Ketakutan akhirnya korban bersama rekannya melarikan diri hingga Padukuhan Selo.

"Warga Selo kemudian mendatangi korban dan menceritakan apa yang telah menimpa dirinya dan rekan-rekannya," ucapnya.

Berdasarkan keterangan korban, warga kemudian melakukan penelusuran dan menduga salah satu pelaku adalah warga Jomblang, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro.

"Warga selanjutnya menemui YG yang merupakan teman pelaku. YG meminta pelaku datang ke rumahnya. Tanpa curiga AEJ datang ke rumah YG yang di rumah korban sudah menunggu warga," ucapnya.

"Setelah ditangkap, AEJ dimintai keterangan warga dan mengakui perbuatannya dang langsung diserahkan ke Mapolsek Bambanglipuro oleh warga dan didampingi Bahbinkamtibmas," tambahnya lagi.

Baca Juga: Wisatawan Temukan Sosok Mayat Laki-laki di Pantai Parangtritis 

3. Meski berstatus pelajar, pelaku akan diproses hukum‎

Klitih Beraksi, Pulang Bukber Pelajar di Bantul Luka Disabet SajamIlustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Bambanglipuro, AKP Khabibulloh mengatakan korban DK mengaku tidak mengenal sosok AEJ. 

"Baik korban dan pelaku statusnya masih pelajar. Dari keterangan pelaku korban dikira musuhnya kemudian dipepet dan dianiaya," terangnya.

Pelaku AEJ menurut AKP Khabibulloh, dari penelusuran yang dilakukan penyidik pernah terlibat dalam kepemilikan senjata tajam di Kapanewon Jetis. Oleh karena itu penyidik akan memproses hukum meski masih berstatus pelajar.

"Pelaku akan kita sangkakan Pasal 170 KUHP tentang tindak pidana kekerasan secara bersama-sama. Selain itu kita masih memburu seorang pelaku berisial YG yang diboncengkan oleh pelaku saat melakukan tindak penganiayaan," tuturnya.‎

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Fitri di Gedung Agung Bersama Warga Jogja 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya