Jelang Libur Lebaran, Kasus COVID-19 di Bantul Melonjak

Ada 82 pasien COVID-19 yang saat ini menjalani isolasi

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang libur dan cuti Lebaran 2023, Dinas Kesehatan Bantul meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab sejak awal bulan Januari hingga bulan April tercatat kasus aktif COVID terus mengalami kenaikan. Bahkan saat ini pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi mencapai 82 orang.

1. Sebagian besar pasien COVID-19 bergejala ringan‎

Jelang Libur Lebaran, Kasus COVID-19 di Bantul MelonjakKepala Bidang Penanggulangan Penyakit sekaligu Juru Bicara Gugu Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinkes Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan dari 82 pasien COVID-19 tersebut, sebagian besar bergejala ringan dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Ada pula sejumlah pasien juga menjalani perawatan di rumah sakit seperti di RSUD Bantul dan RSUD Saras Adiyatma.

"Jadi memang jelang Lebaran ini kasus COVID-19 di Bantul justru meningkat. Kita harap masyarakat tidak lengah, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) harus tetap dilakukan," ucapnya, Sabtu (15/4/2023).

2. Kekebalan tubuh mulai berkurang seiring jarak waktu yang lama dari vaksinasi

Jelang Libur Lebaran, Kasus COVID-19 di Bantul MelonjakVaksinbooster, ilustrasivaksinbooster, ilustrasi vaksin booster, vaksinasi2022, vaksinasi 2022, pandemik2022

Pria yang akrab disapa dr. Okky ini mengaku para pasien COVID-19 diketahui terpapar virus saat menjalani pemeriksaan dan akan rawat inap. Sesuai aturan, harus dilakukan swab antigen dan hasilnya positif COVID-19.

"Jadi bukan pasien secara langsung melakukan swab antigen namun lebih banyak karena screening yang dilakukan oleh pihak rumah sakit," ungkapnya.

Okky menjelaskan tren peningkatan kasus COVID-19 bisa juga dipacu karena kekebalan tubuh berkurang. Sebab sudah cukup lama melakukan vaksinasi 1 dan 2 serta booster sehingga kekebalan tubuh berkurang.

"Kita berharap masyarakat yang belum booster melakukan booster dan yang sudah booster bisa meminta booster ke 4 karena sudah dibuka layanannya dan untuk masyarakat umum," ungkapnya.

Baca Juga: Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur Lebaran

3. RSUD Saras Adiyatma rawat dua pasien COVID-19‎

Jelang Libur Lebaran, Kasus COVID-19 di Bantul MelonjakRumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro, Bantul.(IDN Tims/Daruwaskita)

Sementara Kepala RSUD Saras Adiyatma mengatakan saat ini pihaknya merawat dua pasien COVID-19, berjenis kelamin perempuan dan usia lanjut serta memiliki penyakit penyerta.

"Kita kan dulu rumah sakit lapangan khusus COVID-19 ya sehingga siap menerima pasien COVID-19. Bahkan jika ada ledakan 50 tempat tidur yang ada siap kita rubah untuk merawat pasien COVID-19," ungkapnya.‎

Baca Juga: RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya