Jelang Lebaran, Harga Cabai di Bantul Naik

Harga bahan pokok lainnya relatif stabil

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang hari Lebaran, Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan harga kebutuhan pokok masyarakat relatif stabil. Meski demikian, ada beberapa komoditas yang harganya melonjak, di antaranya cabai.

1. Pemkab Bantul pantau harga bahan pokok di Pasar Bantul Kota‎

Jelang Lebaran, Harga Cabai di Bantul NaikBupati Bantul, Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan pihaknya sengaja melakukan pemantauan harga pokok di Pasar Tradisional Bantul Kota. Sebab seperti biasanya harga kebutuhan pokok akan naik karena permintaan juga meningkat jelang Lebaran.

"Jadi memang ada kenaikan. Namun demikian masih wajar, bahkan sejumlah komoditas harganya relatif stabil," ungkapnya, Selasa (19/4/2023).

2. Komoditas cabai mengalami kenaikan harga

Jelang Lebaran, Harga Cabai di Bantul Naikilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Halim menyatakan komoditas yang mengalami kenaikan adalah cabai. Mulai dari cabai merah keringan Rp42 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp35 ribu per kilogram.

"Kedua jenis cabai itu mengalami peningkatan harga Rp5 ribu--Rp20 ribu per kilogram. Tapi kalau saya lihat harga masih wajar sebab pernah harga cabai menyentuh Rp125 ribu per kilogram," terangnya.

Sementara harga daging sapi Rp140 ribu per kilogram, harga daging ayam Rp33 ribu per kilogram, telur Rp26 ribu per kilogram. Harga minyak kemasan premium Rp19 ribu, gula pasir Rp13 ribu per kilogram.

"Saya kira harga komoditas daging hingga gula pasir juga relatif stabil," ucapnya.

Baca Juga: Ini Tarif Parkir Wisata Bantul, Juru Parkir Dilarang Ubah Aturan

3. Sejak awal Ramadan harga bapok relatif stabil

Jelang Lebaran, Harga Cabai di Bantul NaikIlustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Sementara, salah satu pedagang Pasar Bantul Kota, Yayuk mengatakan harga bawang merah saat ini mencapai Rp38 ribu per kilogram dan untuk kualitas super Rp45 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih Rp30 ribu--Rp32 ribu per kilogram.

"Kedua komoditas itu harga relatif stabil sejak memasuk bulan Ramadan sampai hari ini," ungkapnya.

Yayuk menjelaskan beberapa komoditas memang ada yang mengalami kenaikan harga namun kenaikan itu masih wajar karena juga terjadi seperti tahun lalu jelang Lebaran.

"Di tahun kemarin pada H-7 sudah naik namun sekarang masih stabil. Ya kalau harga cabai naik turun wajar, itu terjadi juga sebelum puasa," terangnya.‎

Baca Juga: Toko Modern di Bantul Masih Jual Produk Makanan Tak Layak Edar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya