Ini Cara Pemkab Bantul Bahagiakan dan Berdayakan Para Lansia

Pemkab Bantul ingin lansia tetap bahagia dan produktif 

Bantul, IDN Times -  ‎Puluhan ember berukuran besar hingga gelas plastik air mineral dibagikan kepada puluhan lansia di Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul. Pemberian ember berukuran besar dan gelas plastik air mineral untuk membantu lansia agar tetap produktif dan optimis menikmati hidup di usia senja.

1. Lansia diberikan pelatihan budi daya ikan dalam ember‎

Ini Cara Pemkab Bantul Bahagiakan dan Berdayakan Para LansiaBantuan ember untuk budi daya ikan bagi lansia di Bantul.(doc.Diskominfo Bantul)

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Bantul, Gunawan Budi Santosa mengatakan sedikitnya 50 lansia mendapatkan bantuan pelatihan. Tak hanya ember, para lansia juga diberikan paket pakan ikan. Rencananya bantuan yang diberi nama Budidakmer tersebut akan dilanjutkan ke kapanewon lain di Bantul tahun ini.

"Lansia jangan dianggap beban keluarga. Lansia harus tetap produktif dan optimis menikmati hidup di hari tuanya. Kita beri pelatihan budi daya ikan dalam ember yang tidak menyita tenaga karena cukup diletakkan di depan atau di belakang rumah," ujarnya, Jumat (1/7/2022).

2. Hasil budidaya ikan bisa dikonsumsi atau dijual‎

Ini Cara Pemkab Bantul Bahagiakan dan Berdayakan Para Lansiapinterest/harimurtikridalaksana

Menurutnya tidak semua lansia mendapatkan bantuan ini, syaratnya hanyalah lansia yang masih bisa beraktivitas untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bantuan kepada lansia menurut Gunawan sangat penting agar kesehatan mental tetap terjaga termasuk fisiknya.

"Jangan sampai lansia kebingungan, tidak ada kegiatan yang berdampak pada kesehatan mentalnya. Bisa nambah umur panjang," tandasnya.

Mengisi waktu dengan aktivitas merawat dan memelihara ikan yang diterima maka menjadi pemicu semangat untuk menjalani masa tua.

"Kami berharap melalui bantuan ini dapat merangsang semangat hidup dan menyehatkan mental para lansia. Kalau ikan sudah dipanen bisa untuk dikonsumsi, menambah gizi namun juga bisa dijual," tambahnya lagi.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bantul, Mau Mencoba? 

Baca Juga: Siap-siap, Pembeli Migor Curah di Jogja Wajib Daftar di Simirah  

3. Budikdamer bisa menambah usia lansia ‎

Ini Cara Pemkab Bantul Bahagiakan dan Berdayakan Para LansiaIlustrasi lansia di Bantul dapat bantuan ember untuk budi daya ikan.(doc.Kominfo Bantul)

Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Bantul, Tatik Windari mengatakan budidaya ikan dalam ember selain menjadikan lansia tetap semangat, juga termotivasi hidup bahagia serta menambah penghasilan.

"Meski sudah lansia masih bisa berkegiatan dan bisa menambah umur," ucapnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya