TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Ingin Buat Susah, Sultan Minta Warga Adaptasi di Tengah Pandemik  

Sultan tak ingin batasi aktivitas warga mencari nafkah

Gubernur DIY Sri Sultan HB X / Dokumentasi Humas Pemda DIY

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan meminta warganya untuk beradaptasi dengan kehidupan di tengah pandemik.

Menurut Sultan beradaptasi dalam artian bisa menjalani hidup seperti biasa, tanpa meninggalkan protokol kesehatan selama masa tanggap darurat bencana non alam COVID-19 diberlakukan di DIY.

Baca Juga: Gubernur DIY Sri Sultan HB X Izinkan Perkuliahan Tatap Muka

1. Kuncinya adalah adaptasi

Tempat cuci tangan di kawasan Malioboro. IDN Times/Tunggul Damarjati

Sultan mengatakan pihaknya tak ingin membatasi aktivitas warganya terutama yang berkaitan dengan pemenuhan hajat hidup masing-masing orang.

"Ya karena memang kita tidak bisa mengatakan orang Jogja (DIY) jangan pergi dari Jogja, kan gak bisa. Ataupun juga kita menutup diri (dari pendatang). Yang penting kita bisa beradaptasi," kata Sultan di Kraton Kilen, Kota Yogyakarta, Jumat (2/10/2020).

"Sehingga, dengan kondisi seperti itu bagaimana kita menggunakan protokol kesehatan itu dalam konteks kita beradaptasi dengan corona. Karena corona ini memang gak ada obatnya," ujar Sultan menambahkan.

2. Tak mau takuti warga

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sultan juga tidak ingin warganya takut mencari nafkah lantaran sederet topik mengenai COVID-19. Apalagi ketika pembicaraan dibesar-besarkan sehingga malah menambah beban pikiran bagi warga.

"Saya tidak mau terlalu berasumsi corona sangat membahayakan sehingga pagi, siang, sore, malam saya harus bicara masalah COVID-19. Sehingga, orang kecil takut mencari sesuap nasi," ujar Sultan. 

"Saya khawatir masyarakat Jogja nanti berada di jalan dan mengatakan 'Bapak Gubernur, kami lapar semua'. Saya nggak mau itu yang terjadi," tegas dia.

Baca Juga: Viral Angkringan Kopi Joss Dijejali Pengunjung, Ini Tindakan Satpol PP

Berita Terkini Lainnya