Pasien Anak Meningkat, Kondisi Cuaca Penaruhi Kesehatan 

Tempat layanan kesehatan RS JIH disesuaikan kebutuhan anak

Sleman, IDN Times - Jumlah permintaan layanan kesehatan untuk anak, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Presiden Direktur RS JIH Yogyakarta, Sari Kusumastuti mengatakan grafik pasien terus meningkat dan kebutuhan untuk perawatan anak sangat dibutuhkan.

 

1. Peningkatan pasien anak salah satunya disebabkan cuaca

Pasien Anak Meningkat, Kondisi Cuaca Penaruhi Kesehatan Presiden Direktur RS JIH Yogyakarta, Sari Kusumastuti. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sari menyebut kebutuhan untuk perawatan anak atau jumlah pasien setiap tahunnya mengalami peningkatan sekitar 10 - 15 persen. Disebut Sari, naik turunnya kondisi anak dipengaruhi kondisi musim. Keluhan sakit pada anak yang sering diterima, mulai dari batuk, flu, hingga diare.

"Kondisi anak, naik turunnya berdasar musim. Kalau kita lihat ada beberapa orangtua anak ini, sebenarnya anak ini hanya butuh untuk beristirahat di rumah sakit dengan pelayanan, perawatan. Itu yang kita tangkap," ujar Sari, saat Groundbreaking Pediatric Tower RS JIH Yogyakarta, Jumat (4/8/2023).

2. Inovasi tempat layanan kesehatan disesuaikan kebutuhan anak

Pasien Anak Meningkat, Kondisi Cuaca Penaruhi Kesehatan RS JIH. IDN Times/Siti Umaiyah

Fasilitas kesehatan di JIH berupa Pediatric Tower, yaitu layanan kesehatan anak secara komprehensif, nurse station, kamar rawat inap, dan food court.

"Selain indah, nyaman dan fasilitasnya khusus anak. Untuk anak-anak tidak perlu kursi roda, mungkin mobil-mobilan, tempat periksa kita berinovasi," kata Sari.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Tugu Yogyakarta Salah Satu Stasiun Tercantik Indonesia

3. pembangunan selesai

Pasien Anak Meningkat, Kondisi Cuaca Penaruhi Kesehatan Groundbreaking Pediatric Tower RS JIH Yogyakarta, Jumat (4/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ditargetkan bangunan baru dengan layanan yang difokuskan untuk anak akan selesai tahun depan. Setidaknya 42 tempat tidur disediakan untuk melayani pasien anak, serta sejumlah dokter spesialis anak dan dokter sub spesialis konsultan.

Baca Juga: 8 Agenda Wisata Jogja Bulan Agustus 2023, Siapkan Dirimu!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya