5 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UMY Raih Beasiswa Rp6 Miliar 

Maba penerima beasiswa masing masing mendapat Rp1,2 miliar

Bantul, IDN Times - Sebanyak lima mahasiswa baru (Maba) calon dokter dan calon dokter gigi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendapatkan beasiswa dengan total mencapai Rp6 miliar. Setiap mahasiswa mendapatkan beasiswa senilai Rp1,2 miliar.

Penyerahan beasiswa dilakukan oleh Rektor UMY, Gunawan Budiyanto di Lobi Lantai 2, Gedung AR Fahruddin A, Kampus UMY pada Jumat (4/8/2023).

1. Pertimbangan pemberian beasiswa

5 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UMY Raih Beasiswa Rp6 Miliar Kampus UMY. (Dok. Humas dan Protokol UMY)

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto menjelaskan pertimbangan UMY memberikan beasiswa adalah biaya kuliah yang mahal. Dari awal tahun 2010 beasiswa yang diberikan Rp400 juta saat ini sudah mencapai Rp1,2 miliar.

"Jadi beasiswa yang kita berikan ini berasal dari penyisihan SPP dari 22 ribu mahasiswa UMY. Ini menjadi amanah bagi penerima beasiswa. Total beasiswa dokter dan dokter gigi tahun ini adalah Rp6 miliar,"katanya.

Yang kedua, kata Gunawan, pemberian beasiswa untuk mahasiswa yang pandai dan cerdas, namun berasal dari keluarga yang tidak mampu sehingga harus diberikan kesempatan.

"Jadi ketika lulus menjadi dokter atau dokter gigi, bisa bermanfaat bagi orang lain, bagi perserikatan Muhammadiyah dan siap untuk ditempatkan di mana saja, di badan usaha kesehatan Muhammadiyah di seluruh Indonesia," ungkapnya.

 

2. Penerima beasiswa bakal bekerja di usaha kesehatan Muhammadiyah

5 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UMY Raih Beasiswa Rp6 Miliar Penyerahan beasiswa dokter dan dokter gigi untuk mahasiswa baru UMY.(IDN Times/Daruwaskita)

Gunawan mengatakan saat ini distribusi dokter tidak seimbang dengan unit-unit usaha kesehatan Muhammadiyah, sehingga harus bisa mengabdi di amal badan usaha milik Muhammadiyah.

"Saat ini ada 27 dokter yang lulus dengan bea siswa, dan tiga dokter gigi yang lulus juga dengan beasiswa. Sementara yang mengabdi di amal usaha Muhammadiyah sebanyak 17 dokter dan dokter gigi," ucapnya.

Baca Juga: Korban Mutilasi Sleman Terkuak, UMY Bakal Dampingi Keluarga Korban

3. Efri, tak menyangka meraih beasiswa dokter gigi

5 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UMY Raih Beasiswa Rp6 Miliar Salah satu mahasiswa baru kedokteran gigi, UMY yang mendapatkan beasiswa dokter gigi, Efri Ernawati.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu mahasiswa baru kedokteran gigi UMY yang mendapatkan beasiswa, adalah Efri Nawati. Ia mengaku tak menyangka bisa melanjutkan pendidikan sebagai calon dokter, lantaran dirinya berasal dari keluarga kurang mampu. Kini ia bisa mengejar cita-cita sebagai dokter gigi yang biayanya tak mungkin bisa dibayarkan oleh keluarga.

"Terima kasih kepada UMY memberikan kesempatan anak dari keluarga yang tak mampu, untuk menggapai cita-cita," ujarnya.

Baca Juga: 5 Hotel Dekat UMY, Cocok buat Menginap bareng Keluarga

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya