TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sultan HB X Tak Hadiri Pelepasan Jenazah KGPH Hadiwinoto, Kenapa?

Hanya putri-putri Sultan yang terlihat hadir

Prosesi pelepasan jenazah KGPH Hadiwinoto. IDN Times/Tunggul Damarjati

Yogyakarta, IDN Times - Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X tak terlihat dalam prosesi pelepasan jenazah adik kandungnya KGPH Hadiwinoto, di rumah duka Muja-muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (1/4/2021).

Dari keluarga ini Sultan HB X, hanya nampak para putri-putri keraton seperti GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, dan GKR Bendara.

Baca Juga: Profil KGPH Hadiwinoto, Pakarnya Pendataan Tanah Keraton

1. Demi jaga diri dan patuhi prokes

Prosesi pelepasan jenazah KGPH Hadiwinoto. IDN Times/Tunggul Damarjati

GKR Mangkubumi menjelaskan, alasan ketidakhadiran sang ayah dikarenakan demi mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona.

"Ngarsa Dalem menjaga, karena beliau lansia dan menjaga agar tidak terjadi klaster baru, mengingat ini masih pandemi," kata GKR Mangkubumi saat dikontak, Kamis.

2. Putri keraton menyusul

Para putri keraton hadir di rumah duka, Kamis (1/4/2021). IDN Times/Tunggul Damarjati

Karena demi menegakkan disiplin protokol kesehatan itu, GKR Mangkubumi menuturkan, ia dan para putri keraton lainnya hari ini belum dapat mengantar jenazah Gusti Hadi hingga tempat peristirahatan terakhirnya.

"Saya sama adik-adik juga tadi gak sampai makam, gantian kita di hari berikutnya. Ya semaksimal mungkin kita menjaga (prokes)," tandasnya.

Baca Juga: Sosok KGPH Hadiwinoto di Mata Gusti Prabu: Tak Bedakan Saudara Tiri

Berita Terkini Lainnya