TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tol Yogyakarta-Solo Lewati Ring Road, Jalan Akan dilebarkan 3-4 Meter 

Ruko dan kantor akan sedikit terdampak

Lalu lintas di ring road monjali. IDN Times/Siti Umaiyah

Sleman, IDN Times - Tol Yogyakarta-Solo didesain akan melewati ring road Utara Yogyakarta. Guna mempermudah lalu lintas pada saat pembangunan tol, jalan di ring road Utara akan dilakukan pelebaran 3-4 meter dari jalur lambat.

Baca Juga: Lalui Garis Imaginer, Desain Tol di Sekitaran Monjali Dibuat At Grade

1. Pelebaran jalan akan memakan kantor dan ruko

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogya-Solo dan Yogya-Bawen, Totok Wijayanto. IDN Times/Siti Umaiyah

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogya-Solo dan Yogya-Bawen, Totok Wijayanto menerangkan, dengan adanya pelebaran tersebut, kantor-kantor, ruko serta beberapa universitas yang ada di seputaran ring road Utara akan terdampak.

"Pasar di Condongcatur kena pelebaran. Sekolah UPN kena sedikit. Polda paling kena halaman. Fasilitas pemerintah lain juga ada yang terdampak," katanya seusai melakukan sosialisasi tol di Balai Desa Tlogoadi pada Kamis (6/2).

2. Saat pembangunan, jalur lambat akan dijadikan satu

Lalu lintas di ring road monjali. IDN Times/Siti Umaiyah

Totok menjelaskan, pada saat pembangunan jalan tol, jalur lambat yang ada di ring road utara akan dijadikan satu dengan jalur cepat. Namun, ketika pembagunan tol sudah selesai maka akan dikembalikan ke fungsi awalnya.

"Itu kan nanti strategi lalu lintas. Untuk menghindari kepadatan, karena tengah untuk pekerjaan fisik, jalur lambat dihilangkan dulu. Kita pakai kalau sudah jadi semua. Akan dikembalikan fungsinya seperti semula," terangnya.

Baca Juga: 3 Kampus di Condongcatur Terdampak Tol Yogyakarta-Solo

Berita Terkini Lainnya