TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yuk Kenali Teknologi Sistem Pengereman Sepeda Motor

Rem jadi komponen penting keselamatan berkendara

Ilustrasi rem sistem ABS.(ist)

Yogyakarta, IDN Times - Perkembangan produk sepeda motor, fitur dan teknologi pendukung keselamatan berkendara terus berkembang. Termasuk di dalamnya sistem pengereman atau penghenti laju sepeda motor. Pada sepeda motor Honda, saat ini dikenal teknologi Anti-lock Brake System (ABS) dan Combi Brake System (CBS).

1. Perbedaan fitur CBS dan ABS

Ilustrasi pengereman dengan sistem CBS.(ist)

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro mengungkapkan perbedaan fitur CBS yang bekerja secara mekanis dan fitur ABS yang bekerja secara elektronik.

“CBS berfungsi mengoptimalkan sistem pengereman melalui rem depan dan belakang yang bekerja bersamaan. Sedangkan teknologi ABS memungkinkan ban motor tidak mengunci dan selip saat pengendara melakukan hard braking atau pengereman secara mendadak," katanya, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga: Dishub Larang Sepeda Motor Lewat Perlintasan Kereta Api Malioboro    

Baca Juga: Sotowiyah, Komunitas Bersepeda yang Gemar Berburu Soto 

2. Fungsi dan cara kerja CBS

Ilustrasi rem dengan sistem ABS (ist)

Combi Brake System (CBS) didesain untuk memperpendek jarak pengereman dengan mengombinasikan rem depan dan belakang yang bekerja secara bersamaan saat tuas rem ditarik. Saat tuas rem belakang ditarik, kaliper rem belakang dan depan akan memberikan tekanan pada cakram dengan porsi tekanan berbeda secara otomatis.

Dalam kondisi ini, equalizer akan bekerja untuk mendistribusikan daya tekanan menjadi dua, yang satu menuju rem roda belakang dan yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit, yaitu pada sepeda motor dengan rem belakang tromol. Gunanya untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik untuk kemudian bereaksi mengaktifkan rem cakram depan.

Pada sepeda motor yang telah dilengkapi dengan rem cakram belakang, terdapat dua selang minyak rem pada tuas rem belakang, di mana satu menuju kaliper belakang dan selang satunya terkoneksi dengan kaliper depan.

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya