Pesan Jokowi Buat Maba UGM, Singgung Masa Kuliahnya Dulu

Dorong mahasiswa berselancar di atas gelombang disrupsi

Sleman, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah menempuh Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Pionir Gadjah Mada. Jokowi dalam momen itu juga menyampaikan beberapa pesan bagi mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Saya mengucapkan selamat datang di Universitas Gadjah Mada. Selamat menjadi mahasiswa baru di universitas kebanggaan kita semua," kata Jokowi dalam video sambutan yang diputar saat penutupan PPSMB Pionir Gadjah Mada, Sabtu (5/8/2023).

1. Kenang masuk kuliah 43 tahun lalu

Pesan Jokowi Buat Maba UGM, Singgung Masa Kuliahnya DuluPresiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dalam pesannya, Jokowi sempat bercerita memorinya 43 tahun lalu saat menjadi mahasiswa baru UGM. Dia bercerita bagaimana menjalani dunia perkuliahan yang masih jauh dari era kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

"Suasananya jauh berbeda dengan sekarang. Saat itu belum ada handphone, belum ada internet, belum ada laptop," ungkap Jokowi.

2. Tantangan efek revolusi industri 4.0

Pesan Jokowi Buat Maba UGM, Singgung Masa Kuliahnya DuluIlustrasi coding (unsplash.com/Ilya Pavlov)

Memasuki revolusi industri 4.0, teknologi hadir bak peluang sekaligus tantangan. Membuat hidup menjadi lebih praktis, namun di sisi lain persaingan kian mengetat.

"Dunia berubah sangat cepat, hidup kita di era baru dalam situasi yang sangat berbeda," ucapnya.

Menurut Jokowi, revolusi industri 4.0 merombak lanskap ekonomi, sosial budaya, bahkan sampai politik. Teknologi digital dan otomatisasi juga membuat pola interaksi komunikasi serta tren gaya hidup mengalami transformasi secara drastis.

"Memang interaksi tatap muka tergantikan interaksi jarak jauh. Jarak bukan lagi hambatan. Kita bisa belajar dan bekerja dari mana saja. Work from home, virtual meeting, webinar, sekolah jarak jauh, telemedicine, hingga konser virtual," kata Jokowi mencontohkan.

Baca Juga: Mahasiswa S2 UGM Dorong Pengembangan Pariwisata di Pakunden

3. Berselancar di atas gelombang disrupsi

Pesan Jokowi Buat Maba UGM, Singgung Masa Kuliahnya Duluilustrasi peserta didik menggunakan teknologi pembelajaran di era disrupsi (unsplash.com/Chris Montgomery )

Disrupsi atau fenomena perubahan masif yang mengubah sistem tatanan yang lama menjadi sebuah sistem baru bisa membuat siapa saja yang tak siap menghadapinya tertinggal.

"Dalam situasi seperti ini kita tidak boleh tinggal diam dan tertinggal. Tidak boleh tergulung gelombang disrupsi. Sebaliknya, harus mampu berselancar di atas gelombang. Menjadi pemenang yang percaya diri. Menjadi bagian dari talenta-talenta hebat global," pesan mantan wali Kota Solo itu.

Bagi dia, menjadi mahasiswa UGM adalah sebuah permulaan atau langkah awal meniti masa depan. Jokowi meminta para peserta didik baru mempersiapkan diri dengan terus belajar dan berkembang.

"Belajarlah dengan disiplin, jadilah pembelajar kreatif dan inovatif, pembelajar yang adaptif dan pantang menyerah," pungkasnya.

Baca Juga: Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya