TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jumlah Tamu Hotel di Jogja Rendah saat Libur Lebaran, PHRI DIY: Ambyar

Okupansi jauh lebih rendah dari tahun lalu

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Yogyakarta, IDN Times - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PHRI DIY) menyebut okupansi hotel selama libur Lebaran tahun ini tidak sesuai target. tingkat hunian hotel jauh lebih rendah jika dibandingkan libur lebaran tahun lalu.

"Okupansi libur lebaran ambyar, dibanding tahun lalu sangat jauh," ujar Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, Selasa (25/4/2023).

1. Okupansi jauh lebih rendah dari tahun lalu

Ilustrasi kamar hotel (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Deddy memberi gambaran, jika libur Lebaran tahun lalu pada H-2 hingga H+4 bisa mencapai 70 - 80 persen, tahun ini cuma diangka 40 - 50 persen. "Kenaikan baru tadi malam (Senin 24 April 2023), itu hanya naik 10 - 20 persen. Jadi ya semuanya kira-kira 60 - 70 persen," ujar Deddy.

Deddy menyebut angka tersebut jauh dari target PHRI DIY tahun ini yaitu mencapai 90 persen dari jumlah kamar yang disediakan. "Kami masih berharap sampai 28 April 2023 nanti bisa mencapai 90 persen. Namun, secara global dibanding tahun lalu memang sangat jauh," ungkapnya.

Baca Juga: Hunian Hotel Tak sesuai Target, PHRI Bantul: hanya Terisi 80 Persen

2. Penyebab bukan karena klitih atau kalah saing dengan daerah lain

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (Instagram.com/deddypranowo)

Menurut Deddy, penyebab anjloknya okupansi ini bukan karena terkait klitih yang sempat ramai di Jogja. "Masalah klitih itu kan sudah diatasi. Beberapa kejadian sebenarnya juga bukan di Jogja, tapi di luar Jogja. Hanya saja yang posting orang Jogja," ujar Deddy.

Penyebab rendahnya lainnya menurut Dedy bukan disebabkan karena kalah bersaingnya dengan Solo. Menurutnya, selama ini antara PHRI Jogja dan Solo justru ada sinergi untuk mendukung pengembangan pariwisata. "Jadi yang Solo menawarkan untuk wisata ke Jogja juga, dan sebaliknya," kata Deddy.

Baca Juga: Roti Bakar Alfin’s, Sarapan Rp2 Ribuan di Kaki Lima Jogja

Baca Juga: 8 Cafe dan Restoran Baru di Pakuwon Mall Jogja, Bikin Ngiler!

Berita Terkini Lainnya