TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ater-ater sebagai Wujud Syukur Pernikahan Kaesang-Erina

Salah satu tradisi Jawa ketika melangsungkan hajatan

Warga di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengantarkan 'ater-ater', kepada tetangga sekitar kediaman Erina Gudono, Kamis (8/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Sleman, IDN Times - Sambut pernikahan Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sejumlah warga di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengantarkan 'ater-ater', Kamis (8/12/2022). Pengantaran ater-ater menjadi salah satu tradisi Jawa.

Istri Dukuh Purwosari, Tanti, mengatakan ibu-ibu di Purwosari membuat nasi tasyakuran pada pagi hari ini. "Ibu-ibu tadi membantu bikin nasi tasyakuran pagi tadi," kata Tanti.

Baca Juga: Kelompok Hadroh Janka Dausat Bangga Terlibat Nikahan Kaesang

1. Ratusan boks dibagikan

Keluarga Erina Gudono pada prosesi Semaan Al-Qur'an, Kamis (8/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Jumlah boks yang diantarkan ke warga jumlahnya ada ratusan, dan dibagikan ke tetangga dekat. "Jumlahnya ada 110 kardus. Untuk satu RT sini dan sekitar tetangga kanan kiri," ujar Tanti.

Dikatakannya masakan yang diantar ke warga ini sudah dilakukan sejak kemarin. Sehingga hari ini tinggal mengantarkan ke warga.

2. Ungkapan syukur

Warga di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengantarkan 'ater-ater', kepada tetangga sekitar kediaman Erina Gudono, Kamis (8/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Ater-ater yang juga bagian tradisi Jawa ini merupakan wujud rasa syukur atas hari bahagia ini. "Wujud ungkapan syukur keluarga ater-ater ini," kata Tanti.

Isi dalam boks tersebut nasi, sambel goreng kentang krecek, ayam goreng, bakmie goreng, telur rebus dan kerupuk. "Kita mengelola seperti ini karena mengikuti tradisi kampung sini. Yang punya hajat luar biasa," ujarnya.

Baca Juga: Semaan dan Pengajian Kaesang-Erina Digelar Terbatas

Berita Terkini Lainnya