TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Reservasi Hotel Naik,PHRI Berharap Pemerintah Tak Revisi Libur Lebaran

Pemesanan kamar hotel di Jogja mencapai 55 persen

Ilustrasi dekorasi ruang hotel. (IDN Times/Sunariyah)

Yogyakarta, IDN Times - Tingkat pemesanan kamar hotel saat lebaran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai meningkat. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut bahwa reservasi hotel yang sudah diterima hingga saat ini sudah mencapai 55 persen.

Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI ) DIY Deddy Pranawa Eryana menilai peningkatan ini dipengaruhi kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Sudah ada pemesanan yang masuk untuk periode awal Mei saat Lebaran dan libur Lebaran, mencapai sekitar 55 persen,” kata Deddy Pranawa Eryana, Kamis (14/4/2022). 

 

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Tambah Stok, Daster Bu Tejo Jadi Andalan 

1. PHRI DIY optimis jumlah keterisian tamu hotel mencapai 80 persen

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo. Instagram.com/ deddypranowo

Jika tidak ada perubahan kebijakan, pelaku usaha optimistis reservasi akan terus meningkat pada masa mudik Lebaran. Bahkan PHRI DIY memiliki target okupansi yang cukup tinggi selama libur Lebaran tahun ini yaitu mencapai rata-rata 80 persen.

“Angka tersebut belum setinggi saat tidak ada pandemi. Tetapi ini awal yang baik untuk usaha perhotelan,” ujar Deddy dikutip Antara.

Ia memperkirakan peningkatan okupansi hotel di DIY akan mulai terjadi pada H+2 Lebaran. “Saat ini pemudik sudah datang dan ada tambahan wisatawan yang juga liburan di Yogyakarta,” katanya.

2. Pelaku usaha berharap pemerintah tidak merevisi kebijakan libur Lebaran

Iustrasi karyawan menyemprotkan cairan disinfektan di kamar Hotel (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

PHRI berharap pemerintah tidak merevisi kebijakan tersebut karena momentum libur Lebaran banyak dinantikan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan okupansi dan omzet mereka.

“Sudah dua tahun ada larangan mudik Lebaran. Mudah-mudahan kebijakan pemerintah yang sudah memperbolehkan mudik tidak mengalami perubahan,” katanya.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!

Berita Terkini Lainnya