Comscore Tracker

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!

Ada wisata pantai sampai waduk, nih

Libur lebaran adalah salah satu momen paling ditunggu oleh banyak orang. Pasalnya, tidak hanya mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga, tapi juga buat refreshing dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan. Kamu gak perlu khawatir, ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang buka saat Lebaran, kok.

Seperti enam tempat ini misalnya, gak pernah sepi wisatawan baik dari dalam ataupun luar kota. Yuk, langsung agendakan dengan keluarga besar, supaya lebaranmu lebih seru dan gak terlupakan!

1. Goa Pindul

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!Goa Pindul (instagram.com/steven_pangadi)

Setelah sekian lama gak bertemu saudara sebaya, coba manfaatkan momen libur lebaran kali ini dengan kegiatan yang memacu adrenalin. Menjajal menelusuri aliran sungai dalam gua dengan menggunakan pelampung dari ban di Goa Pindul misalnya. Di sana gak sekadar main air, tapi juga bisa menikmati pemandangan stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami. 

Harga tiketnya mulai dari Rp30 ribu sampai Rp150 ribu per orangnya tergantung dengan fasilitas yang kamu pilih. Namun disarankan untuk reservasi melalui website resmi Goa Pindul mengingat tingginya minat wisatawan ke tempat ini. 

2. Pantai Glagah

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!Pantai Glagah (instagram.com/ditaasely)

Gak lengkap kalau ke Yogyakarta tanpa mengunjungi pantainya yang eksotis. Nah, salah satu pantai di Yogyakarta yang namanya sedang naik daun adalah Pantai Glagah. Lokasinya gak jauh dari Yogyakarta International Airport, jadi kamu bisa mampir begitu turun pesawat atau sebelum kembali ke kota rantau. 

Pantai Glagah ombaknya cukup besar, makannya gak disarankan buat main air di sana. Namun kamu bisa melakukan hal lain yang gak kalah seru. Misalnya menjajal seafood dari warung dekat pantai, menikmati pemandangan laut dari pemecah ombak, atau naik kapal wisata yang mengitari danau glagah. 

Baca Juga: 10 Potret Kampoeng Ramadan Jogokariyan, Tempat Berburu Takjil di Jogja

3. Waduk Sermo

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!Waduk Sermo (instagram.com/de.eca)

Masih dari Kulon Progo, coba pertimbangkan untuk datang ke Waduk Sermo juga. Menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang buka saat lebaran, pengunjung tempat wisata di sini selalu mengalami peningkatan tiap liburan. Maklum, pemandangannya yang indah apalagi saat sore, banyak diburu wisatawan. 

Kini, Waduk Sermo juga semakin menarik dengan adanya penyewaan skuter. Belum lagi banyak wisatawan yang memilih berpiknik pinggir waduk yang tenang jelang sore dengan gelar tikar sambil menikmati bekal dari rumah. Berminat coba juga dengan sanak saudara? 

4. Jalan Malioboro

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Jangan lupa mampir ke Jalan Malioboro! palagi sekarang Malioboro punya wajah baru dengan ditata ulangnya para pedagang kaki lima. Nah, kini tempat untuk pejalan kaki lebih lebar dan PKL memiliki tempat berjualan yang lebih layak dan lokasinya juga masih di seputar Jalan Malioboro. 

Alih-alih sekadar berfoto, coba pertimbangkan keliling kota dengan becak atau andong bersama famili. Jangan lupa minta mampir ke toko oleh-oleh untuk memborong bakpia sampai wajik khas Yogyakarta untuk dibawa pulang. Kalau mau belanja batik juga daster, kamu bisa ke Teras Malioboro 1 dan 2 tempat para PKL Malioboro direlokasi. 

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Jogan Gunungkidul, Bikin Perasaan Adem

5. Taman Pintar

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!taman pintar (instagram.com/jogjainfo)

Buat yang mencari tempat wisata di Yogyakarta yang ramah anak, Taman Pintar adalah jawaban terbaik. Saat lebaran, Taman Pintar tetap buka sehingga anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun punya wahana bermain yang sesuai untuk mereka. Beragam kegiatan bisa dilakukan anak-anak di sini seperti bermain air, belajar sains, sampai membuat kerajinan. 

Tiket masuknya pun gak mahal, yaitu mulai dari Rp3 ribu untuk anak usia PAUD dan Rp25 ribu untuk dewasa. Taman Pintar sendiri buka dari pukul 08.30–15.30 WIB di hari Selasa sampai Jumat dan saat weekend buka dari pukul 09.00–16.00 WIB. Namun ingat ya, Taman Pintar tutup setiap hari Senin!

6. Alun-alun Kidul

6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!alun-alun kidul (instagram.com/updesigns_)

Jangan sampai ketinggalan wisata kuliner kalau ke Yogyakarta. Salah satu spot jajan enak, murah, dan lengkap ya ada di Alun-alun Kidul. Aneka tempura, sate kekinian, sampai angkringan tersedia di sini. Apalagi harganya yang murah-meriah, gak akan bikin kantong bolong meski banyak jajan. 

Selain itu, kamu bisa juga ajak saudara naik becak hias sampai mencoba tantangan melewati pohon beringin kembar di tengah alun-alun. Konon, siapa yang bisa melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup, akan dikabulkan hajatnya. Asyik!

Mendatangi tempat wisata di Yogyakarta yang buka saat lebaran di atas dengan famili yang lama gak berjumpa, pasti menyenangkan. Kalian akan kian akrab dan membuat memori yang gak terlupakan meski jarang berjumpa di hari biasa. Jadi, mau main ke mana dulu nih lebaran nanti? 

Baca Juga: 5 Wisata Waduk di Jogja Ini Cocok Buat Piknik, Tempatnya Asyik!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya