TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petilasan Mbah Maridjan hingga Bukit Klangon Ditutup Sementara 

Penutupan tempat wisata berdasarkan mitigasi bencana BPPTKG

Bukit Klangon (instagram.com/pesona_klangon)

Sleman, IDN Times - Sebanyak enam tempat wisata di Kabupaten Sleman harus ditutup sementara pasca terjadinya rangkaian awan panas guguran Gunung Merapi sejak Rabu (9/3/2022) malam.

Baca Juga: Viral, Pemuda Bermain di Tumpukan Sisa Material Vulkanik Merapi 

1. Tempat wisata di lereng Merapi yang harus ditutup sementara

Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Desa Kinahrejo. (ANTARA/Hendra Nurdiyansyah/pras).

Informasi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono, enam tempat tersebut adalah Bukit Klangon, Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo, Bunker Kaliadem, wisata religi Turgo, jalur tracking Merapi, serta jalur sunrise Kaliadem Jeep wisata.

""Khusus Turgo dan wisata tracking, walau jarak lebih dari 5 km tetapi kegiatan bersifat tracking menyebabkan potensi bahaya lebih besar terkait upaya mitigasi bencananya," ujar Suparmono, Jumat (11/3/2022). 

2. Daftar tempat wisata yang dibuka

IDN Times/Nindias Khalika

Sedangkan kawasan wisata yang tetap dapat beroperasi karena berada di luar radius bahaya 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi antara lain kawasan wisata Kaliurang, yang mempunyai jarak 6,8 km, seputar Kopi Merapi berjarak 7 km, serta Merapi Golf dengan jarak 9 km.

Sementara untuk jip wisata lava tour Merapi, masih diperbolehkan beroperasi namun harus dalam rute di luar radius bahaya 5 Km dari puncak Merapi, serta membatasi kegiatan di sungai yang berhulu di Merapi.

Berita Terkini Lainnya