TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkab Kulon Progo Tak Ajukan Permohonan Vaksin PMK

Data hewan ternak sudah dikirimkan ke Pemerintah Pusat

Ilustrasi pemberian suntikan vitamin agar ternak sapi tetap sehat dan daya tahan tubuh ternak meningkat. (IDN Times/Daruwaskita)

Kulon Progo, IDN Times - Pemerintah memulai program vaksinasi ke hewan ternak untuk menanggulangi penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo,  tidak mengajukan permohonan vaksin hewan ternak kepada Kementerian Pertanian.

1. Populasi ternak di Kulon Progo mencapai 56 ribu ekor

Ilustrasi hewan ternak (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Menurut keterangan Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPP Kulon Progo Sudarmanto di Kulon Progo, pihaknya tidak mengajukan jumlah vaksin, melainkan populasi ternak. Saat ini, kata Sudarmanto, populasi hewan ternak di Kulon Progo hingga akhir Mei, yakni betina sebanyak 44.660 ekor dan jantan sebanyak 12.637 ekor.

"Kami tidak mengajukan permohonan jumlah vaksin. Kami hanya mengirimkan populasi ternak di Kulon Progo kepada Kementerian Pertanian," kata Sudarmanto, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: 8 Kecamatan di Bantul Masuk Zona Merah Penyakit Mulut dan Kuku  

2. Jumlah vaksin PMK terbatas

Ilustrasi sapi perah (unsplash.com/Flash Dantz)

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha mengatakan berdasarkan informasi dari Pemda DIY, jumlah vaksin masih terbatas. Menurutnya, vaksin diutamakan yakni untuk daerah yang ditetapkan sebagai daerah zona merah PMK, sedangkan Kulon Progo tidak termasuk. Kemudian, vaksin diprioritaskan bagi daerah yang populasi sapi perah sangat banyak. "Di DIY, hanya satu kabupaten dan Kulon Progo tidak ada," katanya dikutip Antara.

Berita Terkini Lainnya