TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merapi Bergejolak, Sejumlah Lansia Dievakuasi ke Penampungan  

Awan panas guguran kembali terjadi, jarak luncur 2 km 

Pengunjung berada di kawasan gardu pandang Gunung Merapi, Kalitalang, Balerantai, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2019). Bedasarkan data pengamatan Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) periode (20/8/2019) pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB terjadi guguran lava sebanyak 12 kali dengan jarak 350-800 meter arah Kali Gendol. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sleman, IDN Times - Sejumlah lansia di dusun Klangon, Glagaharjo, Sleman dievakuasi ke tempat penampungan. Berdasarkan informasi Twitter @berandasleman, sejumlah lansia dengan menaiki kendaraan roda empat menuju ke tempat aman. 

"lansia di klangon, glagaharjo dievakuasi ke tempat yang aman," demikian unggahan dari @berandasleman, Kamis (10/3/2022) dini hari.

Baca Juga: [BREAKING] Merapi Keluarkan 6 Kali Awan Panas Guguran, Jarak Luncur hingga 5 Km

1. Warga berkumpul di balai desa

Sejumlah warga di Kalitengah Lor berkumpul di balai desa Glagaharjo/ Twitter @berandasleman

Tak hanya para lansia di Klangon, sejumlah warga di Kalitengah Lor sudah berkumpul di Balai Desa Glagaharjo, Sleman. Dalam cuitannya, @berandasleman juga menginformasikan dua warga Pelemsari ikut dievakuasi. 

Informasi pasca terjadinya erupsi Gunung Merapi, juga dibagikan oleh Sukiman, anggota Radio Komunitas Lintas Merapi. Dalam unggahannya di Twitter @SukimanMerapi, Sukiman mengunggah tulisan dan video aktivitas warga Kalitengah Lor Glagaharjo, memenuhi jalan desa dengan mengendarai sepeda motor. 

2. Awan panas guguran kembali terjadi

ilustrasi pengamatan Gunung Merapi. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Berdasarkan informasi BPPTKG, pasca kejadian 6 kali awan panas guguran, Merapi kembali mengeluarkan 5 kali wedhus gembel, yaitu pukul 01.00, 01.22, 01.35, 01.59, 02.07 WIB.

Berdasarkan seismogram, erupsi terjadi dengan luncur hingga 2 kilometer ke arah Tenggara, amplitudo maksimal 75 mm dengan durasi maksimal 191 detik. 

Berita Terkini Lainnya