TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Anggota SAR Siap Diterjunkan untuk Pengamanan Malam 1 Suro

Belum ada informasi kegiatan ritual di pantai

IDN Times/Daruwaskita

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan personel SAR Satlinmas Wilayah III dan IV Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta bakal diterjunkan untuk pengamanan perayaan Malam 1 Suro di kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Weekend Kemarin, Jumlah Wisatawan di DIY Mencapai Hampir 40 Ribu

1. SAR Satlinmas Wilayah III terjunkan 20 personel

Ilustrasi anggota tim sar Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Pantai Parangtritis-Pantai Depok, Muhammad Arif Nugraha mengatakan pihaknya bakal menerjunkan 20 personel untuk pengamanan perayaan Malam 1 Suro di sepanjang Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok.

"Kita dalam pengamanan juga dibantu oleh personel dari Polair Polda DIY," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/8/2020).

2. Belum ada informasi ritual Malam 1 Suro di Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Inu, panggilan akrab Muhammad Arif Nugraha, mengatakan momen perayaan Malam 1 Suro yang bersamaan dengan pandemi COVID-19, membuat beberapa ritual yang melibatkan massa ditiadakan. Ritual seperti labuhan di Pantai Parangkusumo hanya digelar secara perorangan.

"Sampai saat ini kita belum mendapatkan tembusan adanya ritual dengan melibatkan masa dalam jumlah banyak saat Malam 1 Suro," ucapnya.

Meski tidak ada ritual seperti labuhan dengan melibatkan massa, SAR Satlinmas Wilayah III tetap akan melakukan patroli wilayah, terutama di kawasan Pantai Parangkusumo yang menjadi pusat kegiatan ritual.

"Ya mungkin Malam 1 Suro tahun ini jauh lebih sepi dibandingkan sebelumnya karena juga bersamaan dengan pandemik COVID-19," ungkapnya.

"Perayaan bulan Suro justru akan ramai saat tanggal 15 mendatang dengan datangnya warga dari Surakarta dan sekitarnya untuk melakukan ritual di Pantai Parangkusumo," tambah anggota SAR Satlinmas Wilayah III, Bantul, Ali Joko Sutanto.

Baca Juga: Soal Toko Waralaba di Parangtritis, Suharsono Akan Evaluasi Izin

Berita Terkini Lainnya