TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diduga Berselingkuh, Lurah Mangunan Bantul Mengundurkan Diri

Pihak kalurahan mulai lakukan klarifikasi 

Panewu Sanden, Bantul. Deni Ngajis Hartono. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Kasus dugaan perselingkuhan yang melibatkan salah satu lurah di Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul dengan warganya sendiri akhirnya menemui titik terang. Lurah Kalurahan Mangunan, JYN yang didesak mundur oleh warga akhirnya menyerahkan surat pengunduran diri.

"Surat pengunduran diri diserahkan langsung oleh lurah yang bersangkutan kepada Carik Kalurahan Mangunan pada Minggu (7/3/2021)," kata Penewu Dlingo Deni Ngajis Hartono ditemui di Balai Kalurahan Mangunan, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo Warga

1. Surat pengunduran diri sebagai Lurah Kalurahan Mangunan sudah diterima carik

Surat pernyataan dari Jiyono yang akan mengundurkan diri sebagai Lurah Mangunan. IDN Times/Istimewa

Deni mengaku surat pengunduran diri Lurah Kalurahan Mangunan, JYN sempat beredar di media WhatsApp pada Senin (8/3/2021) dini hari sehingga kebenaran surat pengunduran diri harus dipastikan terlebih dahulu.

"Saya kemudian klarifikasi kepada Carik Kalurahan Mangunan dan fisik surat pengunduran diri memang ada," ucapnya.

Dengan pengunduran diri Lurah Mangunan JYN, maka ujar Deni permasalahan dengan termasuk tuntutan warga telah selesai dan tidak perlu diperpanjang.

"Meski demikian saya harus klarifikasi kepada lurah yang bersangkutan untuk nemastikan pengunduran diri bukan karena tekanan namun dari kesadaran sendiri," ungkapnya.

2. Proses pengunduran diri sebagai lurah segera diproses

Lurah Kalurahan Mangunan, JYN. IDN Times/Daruwaskita

Proses pengunduran diri lurah menurut Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskal) akan menggelar rapat untuk persetujuan pengunduran diri lurah. Selanjutnya Bamuskal akan mengajukan permohonan pengunduran diri ke Bupati melalui Penewu serta mengajukan Pemilihan Antar Waktu (PAW) Lurah Mangunan dan pengangkatan Penjabat lurah.

"Jadi prosesnya masih panjang sehingga untuk keberlangsungan pemerintah di Kalurahan maka Carik untuk sementara menjadi Plt lurah sebelum ada penjabat lurah," untuknya.

Deni mengaku pihaknya mencoba melakukan komunikasi dengan Lurah Kalurahan Manguna JYN untuk klarifikasi pengunduran diri, namun telepon dan pesan singkat melalui WhatsApp tak direspon.

"Kalau tidak ada respon dari yang bersangkutan maka proses untuk pengunduran diri bisa lama selesainya," ungkapnya.

Baca Juga: Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo Warga

Berita Terkini Lainnya