Comscore Tracker

Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo Warga

Warga tawarkan penyelesaian secara adat kampung namun gagal

Bantul, IDN Times - Puluhan warga Padukuhan Kediwung, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, menggelar aksi unjuk rasa pada Minggu (7/3/2021) malam. Mereka menuntut Lurah Mangunan, Jiyono Ihsan, untuk mundur dari jabatannya. karena tertangkap basah melakukan tindakan perselingkuhan dengan EI, warga Padukuhan Kediwung yang masih memiliki suami sah.

Massa mendatangi Balai Kalurahan Mangunan dan menyerukan agar sang Lurah segera lengser dari jabatannya. Selain itu, massa juga memasang sejumlah sepanduk yang mengecam kelakuan lurah tersebut.

Baca Juga: Jenazah Diduga COVID-19 Dimakamkan Tanpa Peti, Ini Kata Dinkes Bantul

1. Warga demo karena kecewa dengan perilaku sang Lurah

Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo WargaAksi demo warga desak oknum Lurah mengundurkan diri karena selingkuh. IDN Times/Istimewa

Ketua Pemuda Padukuhan Kediwung, Nur tak membantah jika Minggu (7/3/2021) malam warga melakukan aksi unjuk rasa secara spontan di Balai Kalurahan Mangunan.

"Iya tadi malam aksi demo buntut kekecewaan warga terhadap prilaku lurah yang seharusnya menjadi contoh warganya," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (8/3/2021).

"Dan yang ikut demo bukan hanya warga dari Kediwung saja namun ada juga warga dari padukuhan lainnya di Kalurahan Mangunan," tambahnya lagi.

2. Warga ingin selesaikan masalah secara adat kampung namun gagal

Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo WargaAksi demo warga desak oknum Lurah mengundurkan diri karena selingkuh. IDN Times/Istimewa

Pada Minggu malam warga Kediwung sudah berembug untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan memanggil Jiyono dan sejumlah tokoh masyarakat Kediwung. Namun, Jiyono tidak juga hadir meski telah ditunggu, sehingga membuat warga tambah kecewa.

"Kalau saja tadi Pak Lurah datang kemudian ada pertemuan dengan warga (diselesaikan tingkat padukuhan) tidak akan ada aksi demo dan permasalahan tersebut justru cepat selesai," tuturnya.

Karena saat ini permasalahannya sudah melebar hingga kemana-mana maka warga Kediwung tak bisa berbuat banyak bahkan berbalik minta Jiyono untuk mundur dari jabatan lurah.

"Sekarang tuntutan warga harus mundur dari jabatan Lurah Kalurahan Mangunan. Tidak bisa tidak," ungkapnya.

3. Jiyono diketahui menandatangani surat pengunduran diri

Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo WargaSurat pernyataan dari Jiyono yang akan mengundurkan diri sebagai Lurah Mangunan. IDN Times/Istimewa

Sementara Penewu Dlingo, Bantul, Deni Ngajis Hartono tak menampik adanya aksi demo di Kalurahan Mangunan. Menurutnya, aksi berjalan dengan tertib. Massa hanya memasang spanduk meminta lurah segera mengundurkan diri.

"Ya itu aspirasi warga, ya silakan saja," katanya.

Sementara Kepala Inspektorat Bantul, Hermawan Setiaji mengaku sudah memantau kejadian di Kalurahan Mangunan bahkan juga sudah mendapatkan informasi Jiyono sudah menandatangani surat pengunduran diri.

"Informasi itu (pengunduran diri sebagai Lurah Kalurahan Mangunan juga sudah sampai ke saya,"katanya.

4. Jiyono tertangkap basah oleh istrinya sendiri

Ketahuan Selingkuh, Oknum Lurah di Dlingo Bantul Didemo WargaIlustrasi Selingkuh (IDN Times/Mardya Shakti)

Salah satu warga Padukuhan Kediwung, Ponijan, mengatakan terungkapnya perselingkuhan antara Jiyono dan EI berawal saat istri Jiyono curiga suaminya akan bertemu dengan WIL untuk kencan di salah satu tempat di Kaliurang.

Kemudian istri Jiyono bersama adik perempuannya membuntuti Jiyono dan WILnya yang berangkat berkencan dengan WIL di Kaliurang. Namun istri Jiyono membiarkan suaminya berkencan dengan WIL agar ada bukti. Seusai berkencan, Jiyono dengan WIL-nya pulang ke rumah. Namun, istri Jiyono dan adiknya mencegat Jiyono bersama WIL di Jalan Imogiri tepatnya di Padukuhan Blawong, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis.

"Saat itu terjadi pertengkaran antara Jiyono dengan istrinya yang disaksikan oleh WIL JYN dan adik dari istri Jiyono," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon.

Baca Juga: Bikin Gaduh, Anggota DPRD Bantul Minta Maaf ke Relawan COVID-19

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya