TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bumbu Sate Ayam yang Tewaskan Naba Mengandung Racun

Polisi periksa penerima awal takjil maut

Ilustrasi bumbu sate ayam. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Bantul, IDN Times - Kasus meninggalnya Naba Faiz Prasetya (9)—warga Padukuhan Salakan, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, yang tewas keracunan setelah menyantap takjil—akhirnya menemukan titik terang.

Polisi menemukan racun pada bumbu sate yang dimakan oleh bocah malang tersebut.

Baca Juga: Bocah di Bantul Tewas Usai Makan Takjil, Ini Pengakuan Ayah Korban

1. Bumbu sate yang disantap korban mengandung racun jenis C

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi (tengah). IDN Times/Daruwaskita

Berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap sampel makanan berupa bumbu, sate ayam dan lontong, diketahui terdapat kandungan racun pada bumbunya. Racun tersebut yang diduga membuat korban meninggal dunia. 

"Jadi hasil positif mengandung racun jenis C. Racun tersebut ditemukan pada bumbu sate ayam yang sempat dimakan oleh korban. Intinya pada bumbunya," ujar Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi, Kamis (29/4/2021).

2. Racun yang ada di bumbu sate mudah diperoleh

Ilustrasi racun (Pixabay)

Meski sudah menyebut racun jenis c, namun Ngadi ini enggan membeberkan lebih jauh. Begitu juga saat ditanya apakah racun jenis C yang dimaksud adalah sianida, Ngadi hanya tersenyum.

"Silakan diartikan sendiri [soal kemungkinan racunnya adalah sianida]. Hasil sudah keluar hari ini, tapi fisiknya belum," lanjut Ngadi. 

Menurut Ngadi, racun jenis C ini mudah didapatkan. Racun jenis ini terdapat di apotas dan obat tikus. "Untuk jenisnya ada yang cair dan ada yang padat," kata Ngadi. 

Ia melanjutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan laboratorium untuk mengirimkan hasil sebagai bahan penyidikan. Polres juga akan berkoordinasi dengan kejaksaan terkait perlunya langkah autopsi untuk memperkuat bukti.

"(Penyidikan) apa perlu dengan bedah makam," paparnya. 

Baca Juga: Polres Bantul Ambil Alih Kasus Takjil, 6 Saksi Telah Dipanggil  

Berita Terkini Lainnya