Comscore Tracker

Tak Lagi Jadi Pengurus PDIP, Idham Ingin Fokus untuk Pilkada 2020

Ia ingin memastikan kader PDIP memimpin Bantul

Bantul, IDN Times - Politisi senior PDI Perjuangan Idham Samawi tak terpilih kembali dalam jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat PDIP pada Kongres V PDI Perjuangan di Bali.

Sebelumnya, mantan bupati Bantul ini menjabat sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi. Namun, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menunjuk Djarot Syaiful Hidayat sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi untuk periode 2019-2024.

1. Kader dan simpatisan PDIP di Bantul tak kaget Idham tidak terpilih lagi

Tak Lagi Jadi Pengurus PDIP, Idham Ingin Fokus untuk Pilkada 2020IDN Times/Istimewa

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bantul Hanung Raharjo mengaku tidak kaget dengan tidak terpilihnya Idham sebagai pengurus DPP. Di setiap pertemuan partai, suami dari Sri Surya Widati ini menyatakan tidak ingin lagi menjabat di kepengurusan DPP PDIP dengan berbagai pertimbangan, salah satunya faktor usia.

"Bagi saya tidak tidak terkejut kalau Pak Idham tak terpilih kembali menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan," kata Hanung saat dihubungi IDN Times, Sabtu (10/8).

Baca Juga: Terkait Regenerasi di PDIP, Ini Penjelasan dari Megawati

2. Tak ada pembicaraan khusus dengan keluarga

Tak Lagi Jadi Pengurus PDIP, Idham Ingin Fokus untuk Pilkada 2020IDN Times/Daruwaskita

Wirmon Samawi, salah satu putra Idham, mengatakan Idham tidak pernah secara spesifik mengemukakan keinginannya untuk tidak lagi duduk di kepengurusan partai.

"Kalau pertemuan keluarga ya biasa, jarang bicara mengenai ketugasannya di partai dan berbicara tentang politik. Ya bicara tentang keluarga saja," katanya saat dikonfirmasi IDN Times.

Menurutnya, keinginan Pak Idham untuk tidak lagi menjadi pengurus partai bisa karena tuntutan pekerjaan yang sangat berat, belum lagi ditambah dengan tugasnya di DPR RI sebagai anggota legislatif terpilih.

"Ya mungkin dengan usia yang menginjak ke 70 tahun ini, ingin menikmati harinya lebih banyak dengan keluarga," ujarnya.

3. Idham ingin fokus ke Pilkada Bantul 2020

Tak Lagi Jadi Pengurus PDIP, Idham Ingin Fokus untuk Pilkada 2020www.facebook.com/Umi Kulsum

Anom Suroto mantan Kepala Dusun Kembangsongo yang mengenal dekat Idham mengatakan, Idham hanya ingin menyelesaikan tugasnya sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dan tidak ingin mencalonkan lagi menjadi anggota DPR RI setelahnya.

"Pak Idham masih punya mimpi akan kembali mengembalikan kejayaan PDI Perjuangan Kabupaten Bantul dengan menempatkan kader PDI Perjuangan sebagai pemimpin di Bantul dalam Pilkada 2020 yang akan datang. Pak Idham sudah minta untuk dibuatkan jadwal, ketika masa kampanye (dia) akan turun langsung di 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul," ungkapnya.‎

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Kepengurusan Lengkap DPP PDI Perjuangan 2019-2024

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya