Comscore Tracker

Hujan Ekstrem, Groundsill Jembatan Kali Progo Ambrol

BPBD Bantul tetapkan status tanggap darurat

Bantul, IDN Times - ‎Peningkatan debit air di Sungai Progo setelah hujan lebat mengguyur wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan, mengakibatkan groundsill --bangunan untuk melindungi jembatan-- di Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Sungai Progo mengalami ambrol.

Tak hanya merusak groundsill saja, luapan air juga mengakibatkan lahan wedi kengser yang ada sisi timur sungai Progo mulai dari Desa Trimurti hingga Desa Poncosari tergenang air lebih dari 1 mater. Tanaman pertanian milik warga terancam mati jika air luapan sungai tak segera surut.

Baca Juga: Hujan Semalaman Akibatkan Tebing Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman

1. Groundsill jembatan Progo ambrol pada Rabu malam (4/3) sekitar pukul 23.00 WIB‎

Hujan Ekstrem, Groundsill Jembatan Kali Progo AmbrolGroundsill jembatan Progo yang ambrol akibat derasnya arus sungai Progo. IDN Times/Daruwaskita

Kapolsek Srandakan, Kompol Muryanto mengatakan groundsill sisi timur jebol pada Rabu malam (4/3) sekitar pukul 23.00 WIB. Keadaan semakin diperparah menjelang pagi hari akibat debit air sunga Progo yang semakin meningkat.

"Jadi ambrolnya groundsill ini dipicu material yang ada di dalam groundsill terkikis dan akhirnya bangunan tak kuat sehingga ambrol diterjang debit air yang tinggi," ucapnya, Kamis (5/3).

2. Mulai rusak sejak tahun 2018, namun tak ada perbaikan‎

Hujan Ekstrem, Groundsill Jembatan Kali Progo AmbrolGroundsill jembatan Progo sudah terlihat rusak sejak tahun 2018. IDN Times/Daruwaskita

Tahun 2018 yang lalu, kata Muryanto, grondsill sudah mengalami retak-retak dan ada bagian yang patah. Akhirnya, bangunan bagian timur ambrol tak kuat menahan arus sungai yang deras akibat hujan semalam, Rabu (4/3), di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.

"Groundsill yang berada di sisi barat bahkan sudah ambrol pada tahun 2017 silam namun sampai saat ini juga tidak ada perbaikan meski sudah ditinjau oleh pihak-pihak terkait,"ucapnya.

3. Warga yang tinggal di bantaran sungai diminta waspadai bahaya banjir‎

Hujan Ekstrem, Groundsill Jembatan Kali Progo AmbrolBanjir di bantaran sungai Progo jadi tontonan warga. IDN Times/Daruwaskita

Mantan Kapolsek Bambanglipuro ini berharap warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Progo lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi mengingat musim hujan ekstrem masih akan berlangsung beberapa pekan ke depan.

"Akitivitas di sungai, mulai menambang atau memancing, kita himbau tak dilakukan karena sangat berbahaya. Jangan beraktivitas di tepi sungai Progo," ujarnya.

4. BPBD Bantul tingkatkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat‎

Hujan Ekstrem, Groundsill Jembatan Kali Progo AmbrolKepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Dwi Daryanto mengatakan hujan lebat yang terjadi beberapa hari terakhir ini telah menyebabkan kerusakan mulai dari jembatan, dam jebol, talud ambrol hingga halaman rumah masyarakat yang mulai tergenang air.

"Karena kondisi [cuaca] ekstrem masih berlangsung, maka sejak 31 Desember 2019 hingga 29 Februari 2020 telah ditetapkan status siaga darurat akan kembali diterapkan mulai tanggal 1 Maret sampai 30 April," katanya.

Banyaknya kerusakan yang masih terjadi memaksa BPBD Bantul menaikkan status tanggap darurat mulai tanggal 5 Maret 2020. Dengan adanya status tersebut, maka sarana-sarana vital yang perlu penanganan cepat bisa dilakukan perbaikan.

"Dari beberapa kejadian bencana beberapa hari terakhir ini, BPBD memperkirakan kerugian yang dialami masyarakat mencapai Rp300 juta di luar kerugian infrastruktur yang rusak. Nah, infrastruktur yang rusak baru proses assesment dari tim BPBD," ucapnya.

Dengan status tanggap darurat, kata Dwi Daryanto, maka bermacam dana untuk penanganan bencana bisa dicairkan, baik dari dana tak terduga dari Kabupaten, Provinsi maupun dari BASARNAS.

Baca Juga: PKS Lirik Soimah Jadi Bakal Calon Bupati Bantul untuk Poros Tengah

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya