TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dosen UGM Kakak Wamenkumham Dipecat Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Kampus pastikan Eddy Hiariej tak intervensi kasus

Fisipol UGM (fisipol.ugm.ac.id)

Sleman, IDN Times - Kakak kandung Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej, yakni Eric Hiariej diberhentikan sebagai dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM). Eric dipecat lantaran diduga terlibat tindak pelecehan seksual terhadap mahasiswinya.

1. Kasus terjadi tahun 2016

Ilustrasi pelecehan seksual (ANTARAnews)

Sekretaris UGM, Andi Sandi menjelaskan, Eric diduga terlibat tindak pelecehan terhadap mahasiswinya pada tahun 2016 silam. Namun ia enggan merinci peristiwanya. Andi menyebut Eric sudah diproses dan mendapat sanksi berupa kewajiban mengikuti konseling.

"Tetapi ada beberapa catatan yang kemudian mengekskalasi case-nya. Setelah konseling itu rupanya ada beberapa catatan hasil proses itu, kemudian dilakukan pemeriksaan lagi sampai akhirnya pada posisi untuk melakukan disiplin kepegawaian," kata Andi saat dihubungi, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Ini Motif Pelaku Bikin Hoaks Pelecehan Seksual BEM UNY

Baca Juga: Situs UGM Di-hack Lagi, Peretas Singgung Kasus Pelecehan

2. Dipecat beberapa bulan lalu

Ilustrasi pemecatan pegawai (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Meski dugaan kasusnya terbongkar sejak 2016 silam, Eric baru diberhentikan sebagai dosen beberapa bulan lalu. Andi menjelaskan, lamanya proses dikarenakan konseling yang harus dijalani oleh Eric.

Selain itu adanya upaya banding yang ditempuh ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Jakarta atas pemberhentiannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) oleh Mendikbud.

Baca Juga: Fisipol Crisis Centre Selidiki Pelecehan Seksual Mahasiswa UGM    

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya