Situs UGM Di-hack Lagi, Peretas Singgung Kasus Pelecehan

Peretas menuntut rasa aman bagi mahasiswa dari pelecehan

Sleman, IDN Times - Sejumlah situs web milik Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali diretas pada Rabu (26/10/2022). Masalah pelecehan disinggung lagi oleh peretas.

Diketahui, sebelumnya situs UGM juga mengalami peretasan pada Senin (24/10/2022) lalu. Pesan hacker saat itu menyinggung konten seksual. Pada Rabu, diketahui sejumlah situs yang diretas yaitu Menara Ilmu Otomasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, dan Sekolah Vokasi UGM.

1. Pesan peretas

Situs UGM Di-hack Lagi, Peretas Singgung Kasus PelecehanTangkapan layar tampilan salah satu situs web UGM yang diretas, Rabu (26/10/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Pada situs yang diretas tersebut, hacker meninggalkan pesan, "Kami di sini juga adalah sebagai mahasiswa, dan kami tidak menyebutkan bahwa ada mahasiswa (UGM) yang melakukan hal itu karena kami disini hanya bersuara dan mencoba menyalurkan kesah kami terhadap oknum yang menghantui kami dalam belajar l banyak aksi pelecehan yang terjadi namun pihak kampus seolah enggan menuntaskan permasalahan itu dengan alasan nama baik kampus!"

"Lantas apakah semua ini akan dibiarkan begitu saja. Kami berharap kepada seluruh jajaran yang ada di seluruh Indonesia, tolong beri rasa aman kepada rekan-rekan mahasiswa yang sedang mengemban pendidikannya l ingatt... mereka semua memiliki orang tua yang menunggu keberhasilan anaknya, <[salam mahasiswa]>."

2. Tanggapan UGM terkait peretasan

Situs UGM Di-hack Lagi, Peretas Singgung Kasus PelecehanIlustrasi Hacker (IDN Times/Arief Rahmat)

Kabag Humas dan Protokol UGM, Dina W Kariodimedjo, merespon kembali diretasnya web UGM, saat ini tengah ditangani oleh Tm Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM. Evaluasi dilakukan untuk menjaga keamanan website.

“Menanggapi informasi mengenai peretasan website unit kerja di UGM, kami informasikan bahwa salah satu akun pengelola website mengalami peretasan dan menyebabkan celah keamanan. Saat ini insiden keamanan telah ditangani oleh Tim DSSDI UGM. Sebagai tindak lanjut, Tim melakukan evaluasi dalam menjaga keamanan website,” ujar Dina.

3. Sebagai evaluasi

Situs UGM Di-hack Lagi, Peretas Singgung Kasus PelecehanGuru Besar Bidang Pendidikan Kedokteran UGM yang juga Rektor UGM, Prof. Ova Emilia. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Sebelumnya, Rektor UGM, Prof Ova Emilia, menyebut upaya peretasan memang kerap terjadi. Hal tersebut juga menjadi koreksi juga bagi pihak kampus UGM. Ia menyebut upaya peretasan memang harus diantisipasi sejak awal.

"Itu juga koreksi bagi kita internal, karena bagaimanapun kayak semacam program dan segala macam itu setiap hari itu berubah. Untuk diretas itu merupakan sesuatu hal yang harus kita antisipasi dari sejak awal. Jadi sejak awal itu bukan merupakan sesuatu hal yang sangat spesial, tapi itu memang merupakan hal yang harus kita hadapi di era digitalisasi seperti ini," ujar Ova.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya