Korslet saat Nyalakan Genset, Pabrik Kerupuk di Bantul Terbakar

Kebakaran diduga karena konsleting listrik

Bantul, IDN Times - ‎Sebuah pabrik kerupuk yang berada di Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, terbakar pada Selasa (14/11/2023) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun pemilik pabrik kerupuk mengalami kerugian hingga Rp200 juta.

1. Karyawan menyalakan genset saat listrik mati

Korslet saat Nyalakan Genset, Pabrik Kerupuk di Bantul TerbakarKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan kejadian kebakaran pabrik kerupuk berawal ketika salah seorang karyawan menyalakan genset akibat listrik padam. Setelah genset hidup dan lampu mulai menyala, karyawan lainnya melihat api menyala di atas wajan penggorengan kerupuk.

Api kemudian bertambah besar hingga merembet ke atap rumah. Karyawan pabrik kerupuk kemudian meminta tolong warga untuk memadamkan api. Namun, api tak kunjung padam bahkan semakin membesar.

"Warga selanjutnya menghubungi Damkarmat BPBD Bantul untuk memadamkan api," ujarnya, Rabu (15/11/2023).

2. Tiga unit mobil Damkarmat memadamkan api‎

Korslet saat Nyalakan Genset, Pabrik Kerupuk di Bantul TerbakarPabrik kerupuk di Banguntapan Bantul terbakar. (Dok. Polres Bantul)

Tiga unit mobil Damkarmat dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman api. Sekitar pukul 21.30 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun, mesin pembuat kerupuk, atap rumah, dan alat-alat lain untuk memasak kerupuk ludes terbakar.

"Akibat kebakaran tersebut, pemilik pabrik kerupuk mengalami kerugian mencapai Rp200 juta," ujarnya.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, BPBD Bantul Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

3. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik

Korslet saat Nyalakan Genset, Pabrik Kerupuk di Bantul TerbakarPabrik kerupuk di Banguntapan Bantul terbakar.(Dok.Polres Bantul)

Lebih jauh, Jeffry mengatakan penyebab kebakaran diduga kuat karena korsleting listrik saat menyalakan genset.

"Dugaan sementara kebakaran karena korsleting listrik," katanya.‎

Baca Juga: Pohon Tumbang Timpa Mobil di Jalan Ring Road Selatan Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya