Musim Hujan Tiba, BPBD Bantul Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Pohon tumbang di Banguntapan timpa mobil

Bantul, IDN Times - Hujan deras mulai mengguyur sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bahkan di Kabupaten Bantul, cuaca ekstrem itu membuat sejumlah pohon tumbang, salah satunya di Wirokerten, Banguntapan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Antoni Hutagaol, meminta warga meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman pohon tumbang yang berpotensi terjadi pada masa peralihan saat ini.

"Melihat kejadian pohon tumbang di wilayah Mutihan, Wirokerten, Banguntapan tadi sepertinya masyarakat sudah waspada, karena mulai masuk masa peralihan," ujar Antoni Hutagaol, di Bantul, Senin (13/11/2023).

1. Pohon munggur tumbang menimpa mobil

Musim Hujan Tiba, BPBD Bantul Minta Warga Tingkatkan KewaspadaanMobil yang tertimpa pohon tumbang dievakuasi tim gabungan.(Dokumentasi Polres Bantul)

Menurut Antoni Hutagaol, di wilayah Banguntapan, hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon munggur berdiameter 60 cm tumbang menimpa sebuah mobil yang ada di bawahnya.

"Warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut langsung melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa mobil. Kemudian salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke kantor BPBD Bantul," katanya dikutip Antara.

 

2. Warga bisa mengantisipasi dengan memotong pohon

Musim Hujan Tiba, BPBD Bantul Minta Warga Tingkatkan KewaspadaanIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Antoni Hutagaol menjelaskan masyarakat bisa mulai mewaspadai terhadap pohon perindang di sekitar lingkungan yang sudah tua dan keropos, karena rawan tumbang ketika diterpa angin kencang pada musim peralihan atau dari musim kemarau ke musim hujan.

"Mulai sekarang masyarakat harus antisipasi dengan memotong pohon yang sudah tua, pohon yang sudah keropos, dan memotong pohon pohon yang memang sudah waktunya ditebang, agar tidak tumbang dan membahayakan keselamatan," ujarnya.

Baca Juga: Pohon Tumbang Timpa Mobil di Jalan Ring Road Selatan Bantul

3. Kerugian akibat pohon tumbang capai Rp10 juta

Musim Hujan Tiba, BPBD Bantul Minta Warga Tingkatkan KewaspadaanMobil pikab yang tertimpa pohon tumbang dievakuasi tim gabungan.(Dok.Polres Bantul)

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan meski tidak ada korban jiwa, namun pemilik mobil mengalami kerugian sekitar Rp10 juta.

Baca Juga: Anggaran Pilkada 2024 Bantul Rp52,1 M, Infrastruktur Nanti Dulu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya