TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Lagi Jadi Pengurus PDIP, Idham Ingin Fokus untuk Pilkada 2020

Ia ingin memastikan kader PDIP memimpin Bantul

IDN Times/Daruwaskita

Bantul, IDN Times - Politisi senior PDI Perjuangan Idham Samawi tak terpilih kembali dalam jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat PDIP pada Kongres V PDI Perjuangan di Bali.

Sebelumnya, mantan bupati Bantul ini menjabat sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi. Namun, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menunjuk Djarot Syaiful Hidayat sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi untuk periode 2019-2024.

Baca Juga: Terkait Regenerasi di PDIP, Ini Penjelasan dari Megawati

1. Kader dan simpatisan PDIP di Bantul tak kaget Idham tidak terpilih lagi

IDN Times/Istimewa

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bantul Hanung Raharjo mengaku tidak kaget dengan tidak terpilihnya Idham sebagai pengurus DPP. Di setiap pertemuan partai, suami dari Sri Surya Widati ini menyatakan tidak ingin lagi menjabat di kepengurusan DPP PDIP dengan berbagai pertimbangan, salah satunya faktor usia.

"Bagi saya tidak tidak terkejut kalau Pak Idham tak terpilih kembali menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan," kata Hanung saat dihubungi IDN Times, Sabtu (10/8).

2. Tak ada pembicaraan khusus dengan keluarga

IDN Times/Daruwaskita

Wirmon Samawi, salah satu putra Idham, mengatakan Idham tidak pernah secara spesifik mengemukakan keinginannya untuk tidak lagi duduk di kepengurusan partai.

"Kalau pertemuan keluarga ya biasa, jarang bicara mengenai ketugasannya di partai dan berbicara tentang politik. Ya bicara tentang keluarga saja," katanya saat dikonfirmasi IDN Times.

Menurutnya, keinginan Pak Idham untuk tidak lagi menjadi pengurus partai bisa karena tuntutan pekerjaan yang sangat berat, belum lagi ditambah dengan tugasnya di DPR RI sebagai anggota legislatif terpilih.

"Ya mungkin dengan usia yang menginjak ke 70 tahun ini, ingin menikmati harinya lebih banyak dengan keluarga," ujarnya.

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Kepengurusan Lengkap DPP PDI Perjuangan 2019-2024

Berita Terkini Lainnya