Comscore Tracker

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022

Apakah sekolahmu ada di dalamnya?

Sebentar lagi siswa SMP kelas IX akan melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi. Selain SMA, SMK pun kerap menjadi tujuan. Itulah mengapa para orangtua menginginkan anaknya dapat belajar di SMK terbaik, terlebih lagi di Yogyakarta sebagai kota pelajar, dikenal memiliki banyak sekolah dengan kualitas yang mumpuni.

Beberapa waktu yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMT) sudah merilis 1.000 SMK terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SMK di Yogyakarta pun banyak yang masuk di daftarnya, lho.

Yuk, lihat 10 SMK Negeri terbaik di Yogyakarta versi LTPMT tahun 2022 di bawah ini.

1. SMK SMTI Yogyakarta 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022ilustrasi laboratorium mekatronika SMK SMTI Yogyakarta (smtijogja.sch.id)

SMK SMTI (Sekolah Menengah Teknologi Industri) ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian ini menjadi SMK Terbaik 1 di Yogyakarta versi LTPMT tahun 2022. Kompetensi keahlian yang diajarkan di sekolah ini pun sangat menarik dan menunjang para siswa yang nantinya bergerak di bidang industri, seperti kimia analisis, kimia industri, dan teknik mekatronika.

Nilai total rata-rata UTB 2021: 546,739

Ranking nasional: 305

Alamat: Jl. Kusumanegara No.3, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

2. SMKN 2 Depok Sleman (STM Pembangunan)

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022SMK Negeri 2 Depok (smkn2depoksleman.sch.id)

Meski sekolah ini berfokus pada jurusan seputar teknik, tapi SMK 2 Depok ini membebaskan siswanya berkreasi di bidang apa pun. Hal itu terbukti dari prestasi siswanya yang meraih medali emas dalam Ajang Fiksi Nasional Tahun 2022, belum lama ini.

Program studi yang dimiliki pun sangat beragam, seperti teknik desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik otomasi industri, kimia analis, kimia industri, teknik manajemen dan perawatan otomotif, teknik fabrikasi logam dan manufaktur, teknik bodi otomotif, geologi pertambangan, serta teknik pengolahan minyak gas dan petrokimia.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 542,135

Ranking nasional: 350

Alamat: Jl. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

3. SMKN 1 Wonosari Gunung Kidul 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022SMK N 1 Wonosari (smkn1wonosari.sch.id)

Sekolah yang berada di ibu kota kabupaten Gunung Kidul ini memiliki tujuan yang luhur untuk membuat siswa memiliki kompetensi di dunia kerja. Jadi tak mengherankan kalau jurusan yang diajarkan berfokus pada industri yang dibutuhkan masyarakat seperti akutansi dan keuangan lembaga, bisnis daring dan pemasaran, multimedia, otomatisasi tata kelola perkantoran, tata busana, serta tata kecantikan kulit dan rambut.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 539,450

Ranking nasional: 385

Alamat: Jl. Madusari, Madusari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813

4. SMKN 1 Pengasih Kulon Progo 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022ilustrasi hasil karya siswa (instagram.com/smkn1pengasih)

SMKN 1 Pengasih memiliki jurusan beragam yang membuat siswa di Kulon Progo tak perlu pergi jauh untuk belajar sesuai keinginannya. Beberapa jurusan yang diajarkan, yaitu akuntansi dan keuangan lembaga, otomatisasi tata kelola perkantoran, bisnis daring dan pemasaran, desain komunikasi visual, tata busana, dan perhotelan.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 532,725

Ranking nasional: 477

Alamat: SMK N 1, Pengasih, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55652

5. SMKN 1 Bantul  

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022ilustrasi siswa pleton inti (instagram.com/smkn1bantul)

SMKN 1 Bantul menjadi satu-satunya sekolah di kabupaten Bantul yang termasuk dalam deretan 10 SMK terbaik di Yogyakarta. Meski begitu, jurusan yang dimilikinya terbilang favorit, seperti akutansi dan keuangan lembaga, perbankan syariah, otomatisasi tata kelola perkantoran, bisnis daring dan pemasaran, teknik komputer dan jaringan, multimedia, serta rekayasa perangkat lunak.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 526,989

Ranking nasional: 591

Alamat: Jl. Parangtritis No.KM.11, Dukuh, Sabdodadi, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715

Baca Juga: 10 SMA Negeri Terbaik di Yogyakarta versi LTMPT Tahun 2022

6. SMKN 7 Yogyakarta  

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022foto ekskul taekwondo (instagram.com/smkn7yogyakarta)

SMKN 7 Yogyakarta merupakan salah satu SMK di Yogyakarta atas hasil peralihan dari SMEA Negeri 3 Yogyakarta di tahun 1997. Meski begitu, sekolah ini tetap memiliki jurusan yang menarik, yakni akutansi dan keuangan lembaga, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, bisnis daring dan pemasaran, usaha perjalanan wisata, dan multimedia.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 526,091

Ranking nasional: 611

Alamat: Jalan Gowongan Kidul Blok JT3 No.416, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232

7. SMKN 2 Pengasih Kulon Progo 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022foto praktek teknik furnitur (instagram.com/smkn2pengasih_kp

SMK N 2 Pengasih dikenal memiliki 19 jurusan seputar keahlian teknik dan desain. Dari teknik mesin, teknik otomotif, teknik furnitur, teknik konstruksi dan properti, teknik komputer dan informatika, teknik elektronika, teknik ketenagalistrikan, dan seni rupa. Eits, setiap keahlian tersebut masih mempunyai beberapa jurusan khusus, lho. Keren, ya!

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 523,755

Ranking nasional: 660

Alamat: Jl. KRT Kertodiningrat, Gn. Gondang, Margosari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55652

8. SMKN 2 Wonosari Gunungkidul

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022foto marching band (instagram.com/smknegeri2wonosari)

SMKN 2 Wonosari juga menjadi sekolah terbaik ke-2 di kabupaten Gunung Kidul. Dengan berbagai keahlian seputar teknik, siswa diajarkan untuk terampil dan siap masuk ke dunia kerja. Jurusan yang bisa dipilih antara lain bisnis kontruksi dan properti, desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik kendaraan ringan otomatif, teknik pemesinan, teknik pengelasan, teknik instalasi tenaga listrik, teknik elektronika industri, teknik komputer dan jaringan, dan multimedia.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 520,003

Ranking nasional: 760

Alamat: Jl. KH Agus Salim No.116, Ledoksari, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813

9. SMKN 1 Depok Sleman 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022foto seni teater siswa (instagram.com/smkn1depok_)

SMKN 1 Depok menjadi sekolah kejuruan negeri pertama di Depok, Sleman. Hal inilah yang membuat sekolah ini mendapat kepercayaan dari masyarakat sejak lama. Belum lagi, adanya enam jurusan yang berbeda-beda, seperti rekayasa perangkat lunak, multimedia, akuntansi keuangan dan lembaga, teknik kendaraan ringan otomotif, akomodasi perhotelan, dan teknik bisnis sepeda motor.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 519,426

Ranking nasional: 773

Alamat: Jl. Ring Road Utara Meguwo, Sanggrahan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

10. SMKN 1 Tempel Sleman 

10 SMK Negeri Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT Tahun 2022foto produk kreatif siswa (instagram.com/smkn1tempel_)

SMKN 1 Tempel Sleman dipilih oleh  masyarakat karena memiliki kualitas yang baik. Jadi tak mengherankan jika lulusannya banyak diterima berbagai perusahaan atau perguruan tinggi. Beberapa jurusan yang ada di SMKN 1 Tempel di antaranya, bisnis daring dan pemasaran, otomatisasi tata kelola perkantoran, akutansi dan keuangan lembaga, teknik komputer dan jaringan, dan teknik tata kelola logistik.

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 518,426

Ranking nasional: 792

Alamat: Jl. Magelang - Yogyakarta Jl. Jlegongan Kulon No.Km, RW.Jlegongan, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552

Berbagai jurusan yang ditawarkan oleh SMK terbaik di Yogyakarta memang dibutuhkan oleh pelaku industri. Selain keahliannya bermanfaat ketika kerja, ternyata ilmu yang didapat ketika di SMK membuat lulusannya mempunyai keunggulan lebih ketika masuk di akademi atau universitas. Tertarik masuk SMK mana, nih?

Baca Juga: 10 SMA Swasta Terbaik di Yogyakarta 2022 Versi LTMPT

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya