Comscore Tracker

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapai

Jangan sampai resolusi tahun ini terbengkalai

Tahun 2022 jadi tahun yang gak mudah untuk sebagian besar orang. Pandemi masih ada, meski terus berangsur menurun secara signifikan. Akan tetapi, krisis di berbagai sektor bikin situasi jadi sulit.

Kini, tersisa dua bulan sebelum kita resmi tutup tahun. Buat kamu yang masih punya target-target segunung, ada lima hal, nih, yang bisa dilakukan agar goals-mu bisa tercapai. Untuk membaca artikel selengkapnya, scroll ke bawah sampai habis, ya.

1. Tingkatkan keseriusan dalam bekerja

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapaiilustrasi bekerja serius (pexels.com/Ivan Samkov)

Kunci untuk bisa meningkatkan keseriusan dalam bekerja adalah terletak pada fokusmu. Hadirkan pikiran secara penuh saat mengerjakan segala sesuatu. Jangan biarkan hal-hal yang kurang penting menganggu. Jadikan hal yang kamu kerjakan sebagai investasi terbesarmu.

Berikut beberapa hal yang mampu menambah kesungguhanmu saat bekerja dan membuatmu unggul 90 persen dibanding orang lain.

  • Kurang distraksi hingga seminimal mungkin.
  • Fokus pada satu hal terlebih dahulu.
  • Jika ingin pakai cara ekstrem dan cocok untuk kamu, coba untuk blokir semua hal dalam beberapa jam. Beberapa orang menyebutnya sebagai 'ritual masuk gua'. 

2. Mengidentifikasi berbagai hal penting tentang diri sendiri

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapaiilustrasi mengidentifikasi masalah (pexels.com/Julia M Maceron)

Daripada menghabiskan waktu untuk mencari-cari kesalahan orang lain atau memikirkan peristiwa yang gak ada sangkut pautnya dengan kamu, lebih baik mengidentifikasi hal-hal yang bisa meningkatkan self-awareness.

Bangun mindset problem-solving yang akan menjadi aset bagi diri kamu. Ke depannya, ini akan menjadi modal besar untuk menghadapi berbagai rintangan dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Beberapa pertanyaan yang membantumu mengidentifikasi diri:

  • Pada hal apa yang bisa aku lakukan lebih baik?
  • Bagaimana aku dapat meningkatkan berbagai aspek dalam hidup?
  • Apa saja yang bisa aku kontrol dan apa yang tidak?

Baca Juga: 10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasan

3. Atur sisa waktumu sebaik mungkin

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapaiilustrasi mengatur waktu (pexels.com/Jeffrey Paa Kwesi Opare)

Jika merasa kewalahan dan kekurangan waktu, kemungkinan besar hidupmu kurang terorganisir. Coba atur kegiatan apa saja yang penting untuk dikerjakan dan mana yang sebaiknya ditinggalkan. Jangan semuanya diambil.

Jika kami masih kukuh merasa semuanya penting dan susah ditinggalkan, coba efisienkan berbagai pekerjaan yang memiliki kemiripan.

Hal-hal lain yang juga bisa membantumu mengatur waktu sebaik mungkin:

  • Bangun lebih awal.
  • Buatlah to-do-list secara rutin.
  • Atur tenggat waktu.
  • Sesuaikan jadwalmu.

4. Lakukan perbaikan bertahap

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapaiilustrasi memperbaiki kesalahan (pexels.com/Monstera)

Selama sepuluh bulan ke belakang pasti banyak hal terjadi, termasuk kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan. Gak apa-apa, jangan terlalu keras mengutuki diri. Kamu masih punya kesempatan untuk memperbaikinya di sisa akhir tahun ini.

Agar tidak mengulangi pola yang sama, cari akar dari permasalahanmu. Pikirkan solusi yang tepat. Berhati-hati dalam membuat keputusan, jangan sampai gegabah dan impulsif. Selanjutnya, cobalah berkomitmen dengan diri sendiri untuk gak mengulanginya lagi.

5. Ciptakan koneksi bernilai tinggi

2022 Sisa 2 Bulan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Goals-mu Tercapaiilustrasi koneksi berkualitas (pexels.com/Christina Morillo)

Dalam beberapa bulan ke belakang, berapa banyak koneksi bernilai yang berhasil kamu jalin? Berapa banyak juga koneksi yang sudah ada berhasil kamu rawat? Perhatikan baik-baik. Pengaruh koneksi sangat kuat. 

Koneksi yang bernilai akan menuntunmu pada pintu-pintu kesempatan baru. Namun, kamu juga harus memberikan timbal balik yang baik juga. Alhasil, terjalin simbiosis mutualisme.

Semoga dua bulan di penghujung tahun ini kamu bisa memberikan performa terbaik sehingga resolusi-resolusi yang disusun di awal tahun bisa terealisasi. Yuk, pasti bisa!

Baca Juga: 5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak Positif

Alfikri Saga Photo Community Writer Alfikri Saga

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya