Comscore Tracker

Profil Soimah, Artis Multitalenta dan Crazy Rich Bantul

Gak hanya penyanyi, tapi juga pelawak andal, loh

Siapa tak kenal Soimah Pancawati atau yang juga dikenal dengan sapaan Mak'e? Artis yang dikenal sebagai penyanyi, juri, sinden dan kini merambah ke dunia wirausaha tersebut terkenal multitalenta. 

Namun tahukah kamu kalau Soimah merupakan lulusan ISI Yogyakarta? Kini, ia pun banyak menghabiskan waktu di kediamannya yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), lho. Yuk, simak profil lengkap Soimah berikut ini!

1. Biodata Soimah

Profil Soimah, Artis Multitalenta dan Crazy Rich Bantulbiodata soimah pancawati (instagram.com/showimah)

Nama lengkap: Soimah Pancawati

Nama panggung: Soimah

Tempat dan tanggal lahir: Pati, 29 September 1980

Nama pasangan: Herwan Prandoko

Nama anak: Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang

Pekerjaan: Seniman dan pengusaha

Tempat tinggal: Bantul, DIY

2. Awal karier di dunia hiburan Indonesia

Profil Soimah, Artis Multitalenta dan Crazy Rich Bantulprofil soimah pancawati (instagram.com/showimah)

Jika banyak artis atau penyanyi yang terjun ke dunia hiburan berkat arahan orangtua yang juga artis, berbeda dengan Soimah yang tertarik menjadi seniman berkat sang tante yang merupakan istri dari kerabat padepokan tari Bagong Kussudiardjo di Yogyakarta. 

Mulai tertarik akan dunia seni, begitu lulus SMP Soimah memutuskan melanjutkan pendidikan di SMKI (Sekolah Menengah Kesenian Indonesia) dengan mengambil jurusan karawitan. Tak hanya piawai memainkan alat musik gamelan, Soimah juga terkenal memiliki suara emas sampai sering mendapatkan juara dalam berbagai lomba kesenian. Sebut saja seperti Juara 1 lomba nyanyi Bintang Karaoke Dangdut se Jateng-DIY, Juara 1 Bintang Televisi dan Juara Dara Ayu.

Nama Soimah kian melambung saat dirinya bergabung dalam Komunitas Jogja Hip Hop Foundation. Pada Mei 2011, Soimah bersama komunitas tersebut melakoni tur dunia. Dan diketahui karier pertama dalam dunia pertelevisian Soimah dimulai dari menjadi penyanyi latar dalam acara berjudul Seger di ANTV. 

Baca Juga: Profil Band Shaggydog, Rayakan 25 Tahun Bermusik di Indonesia

3. Karya-karya Soimah

Profil Soimah, Artis Multitalenta dan Crazy Rich Bantulprofil soimah pancawati (instagram.com/showimah)

Bukan sebarang seniman, Soimah telah meluncurkan sembilan single dan satu album semasa aktifnya di dunia hiburan. Lagu-lagu Soimah ini didominasi bergenre dangdut seperti berjudul Hoa Hoe, Kurang Sexy, dan Sing Penting Joget. 

Pun puluhan acara televisi telah ia bintangi. Sebut saja seperti D'Academy Indosiar, Bintang Pantura, Juragan 11, Cerita Soimah dan masih banyak lagi lainnya. Pada tahun 2017, Soimah juga pernah membintangi sebuah film drama musikal komedi Indonesia yang berjudul Musik Untuk Cinta. Dalam film tersebut Soimah beradu peran dengan Ian Kasela, Arumi Bachsin, Ferry Ardiansyah dan lainnya. 
Gak hanya bergelut di dunia hiburan. Soimah diketahui juga memiliki beragam bisnis, loh. Mulai dari bisnis transportasi yang dikelola sang suami, clothing line, dan penyewaan pendapa untuk berbagai acara. Kini sebutan Soimah bukan hanya Mak'e, tapi juga crazy rich Bantul!

4. Penghargaan yang pernah diraih Soimah

Profil Soimah, Artis Multitalenta dan Crazy Rich Bantulprofil dan biodata soimah (instagram.com/showimah)

Aktif sebagai seniman sejak tahun 1995 sampai sekarang, Soimah telah mengantongi berbagai nominasi dan penghargaan. Selain sebagai pemenang dalam lomba-lomba semasa sekolahnya, berikut daftar penghargaan Soimah: 

  • Komentator Terfavorit dalam acara 'Konser Sosial Media Darling' (2016)
  • Komentator Terfavorit dalam acara 'Konser Social Media D'Academy Asia 2' (2016)
  • Juri Dangdut Terfavorit dalam acara 'Konser Sosial Media LIDA 2019' (2019)
  • Juri Merah Terfavorit dalam acara 'Konser Sosial Media LIDA 2020' (2020)
  • Juri Merah Terfavorit dalam acara 'Konser Sosial Media LIDA 2021' (2021)

Inspiratif sekali ya melihat sepak terjang Soimah yang benar-benar tekun menjadi seorang seniman. Berawal jadi sinden, kini ia sukses dan mencatatkan namanya sebagai bintang papan atas dangdut Indonesia. Keren!

Baca Juga: Profil dan Biodata Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Viral

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya