Comscore Tracker

Profil Jogja Hip Hop Fundation, Sudah Tur Sampai ke Amerika

Siapa yang tak kenal lagu 'Jogja Istimewa'?

Yogyakarta adalah salah satu daerah yang banyak melahirkan banyak musisi atau band terkenal di Indonesia. Salah satu band yang lahir dan besar di Kota Gudeg adalah Jogja Hip Hop Foundation atau biasa disingkat JHF.

Lantas siapakah sebenarnya Jogja Hip Hop Foundation itu? Simak profilnya berikut ini!

1. Awal Terbentuk

Profil Jogja Hip Hop Fundation, Sudah Tur Sampai ke AmerikaJogja Hip Hop Foundation ketika manggung (instagram.com/JHF_no1)

Jogja Hip Hop Foundation adalah band rapper asal Jogja yang didirikan pada tahun 2003. Inisiator dibentuknya JFH adalah Muhammad Marzuki atau yang dikenal sebagai Kill The DJ.

Tujuan dibentuknya JHF adalah untuk mempromosikan hip hop bahasa Jawa dan menghimpun rapper-rapper lokal asal Jogja. Hanya saja personel inti yang sering tampil di JHF ada tiga orang, yakni Marzuki, Heri Wiyoso, Janu Prihaminanto dan Lukman Hakim.

2. Awal populer

Profil Jogja Hip Hop Fundation, Sudah Tur Sampai ke AmerikaJogja Hip Hop Foundation ketika manggung di Prambanan Jazz (instagram.com/JHF_no1)

Hal yang membuat Jogja Hip Hop Foundation terkenal adalah berkat lagu berjudul 'Jogja Istimewa'. Lagu yang dibuat di tahun 2009 itu, sukses besar dan dihafal oleh banyak banyak orang karena liriknya yang mudah diingat dan mencerminkan keistimewaan Jogja.

Sejak saat itu JHF sering diundang manggung dibanyak tempat. Selain karena karakter musiknya yang otentik, lirik-lirik lagu dari band ini juga sarat akan kritik sosial dan banyak mengandung falsafah jawa.

Baca Juga: Profil NDX A.K.A, Duo Dangdut Hip Hop Asal Bantul

3. Album Jogja Hip Hop Foundation

Profil Jogja Hip Hop Fundation, Sudah Tur Sampai ke AmerikaJogja Hip Hop Foundation ketika manggung di Art Jog(instagram.com/JHF_no1)

Hingga saat ini Jogja Hip Hop Foundation memiliki 3 buah album yakni Hiphopdiningrat, It's Hip Hop Poetry Battle dan Semar Mesem Romo Mendem. Kemudian untuk jumlah lagu yang sudah mereka buat ada 23 lagu.

Rata-rata lagu-lagu tersebut diproduksi di tahun 2013. Pada tahun 2021, mereka mengeluarkan satu lagu baru berjudul 'Kecap No.1'.

4. Tampil di luar negeri

https://www.youtube.com/embed/1xTo4bT6xxQ

Meskipun banyak lirik yang menggunakan bahasa Jawa,  justru hal unik itulah yang membawa mereka bisa tur selama satu bulan di Amerika Serikat. Tur JHF dilakukan pada 12 November sampai 10 Desember 2012 silam.

Dalam tur tersebut mereka mengunjungi beberapa basis hip hop di Amerika yakni, Washington DC, Scottsdale–Arizona, Davis, Santa Barbara, dan berakhir di San Fransisco–California. Selain bermusik, JHF juga melakukan beragam kegiatan lain seperti workshop, diskusi, artists exchange, dan community gathering.

5. Kerap berkolaborasi dengan band lain asal Jogja

Profil Jogja Hip Hop Fundation, Sudah Tur Sampai ke AmerikaKolaborasi Jogja Hip Hop Foundation bersama Endank Soekamti (youtube.com/Endank Soekamti)

Setelah beberapa tahun sempat vakum membuat album maupun lagu, Jogja Hip Hop Foundation mengisi waktunya dengan manggung dan aktif berkolaborasi dengan musisi nasional maupun lokal Jogja. Beberapa waktu lalu mereka berkolaborasi dengan Endank Soekamti untuk memproduksi ulang lagu 'Jogja Istimewa'.

Selain itu mereka juga mengajak band-band lokal Jogja lintas genre untuk berkolaborasi. Tercatat ada band Braves Boy, Ndarboy Genk, Sinten Remen, dan GRRRL Genk.

Baca Juga: Profil Jikustik, Band Kelahiran Jogja yang Eksis Sejak 1996

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya