Comscore Tracker

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuh

Tak cuma mengantuk, ini efek jangka panjang yang dirasakan

Mengecek ponsel sebelum tidur, sepertinya sudah menjadi rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang. Tak jarang, kalau sudah keasyikan main hp, bisa kebablasan sampai lupa waktu. Ujung-ujungnya jadi begadang, deh.

Alhasil, tubuh menjadi kelelahan dan mengantuk di siang hari. Efek jangka panjangnya, daya tahan tubuh menjadi menurun. Nah, jika kamu melakukan hal itu secara terus menerus, bisa jadi tubuhmu akan mengalami sejumlah efek buruk berikut ini.

1. Menurunnya kemampuan memori otak  

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuhilustrasi main ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Malam hari adalah waktunya organ tubuh untuk istirahat. Tidur larut malam berarti memaksakan tubuh untuk terus bekerja. Mengutip Medical News Today, terlalu sering begadang dapat menyebabkan pembuluh darah tidak dapat melebar dan berkontraksi dengan baik. Kondisi ini membuat darah tidak dapat mengalir secara efisien ke berbagai organ tubuh.

Keadaan ini akan berpengaruh pada masalah kesehatan mental. Salah satunya adalah menurunnya memori pada otak. Hal ini bisa berdampak terhadap kinerjamu sehari-hari. Untuk itu, perhatikan jam tidur agar otak bisa cukup beristirahat.

Baca Juga: 5 Fakta Penuaan Otak, Bisakah Dihindari?

2. Lebih rentan penyakit 

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuhilustrasi gangguan jantung (pexels.com/freestocks.org)

Bermain ponsel hingga larut malam bukan merupakan kebiasaan yang baik. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit. Melansir Mayo Clinic, kekurangan tidur jangka panjang dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan membuat tubuh lebih mudah terserang virus.

Orang yang kurang tidur mengutip Science Daily lebih rentan menderita penyakit jantung, karena saat tidur adalah waktunya tubuh memperbaiki kerusakan pembuluh darah dan jantung. Kurangnya kualitas tidur juga berisiko menderita diabetes, obesitas hingga gangguan suasana hati dan kecemasan.

3. Strabismus dan gangguan pengelihatan

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuhilustrasi kehilangan penglihatan (pexels.com/João Jesus)

Berbaring sambil main ponsel dalam jangka waktu lama dan dengan jarak yang sangat dekat dengan mata akan menyebabkan kelelahan pada mata. Apalagi jika lampu dimatikan, maka sumber cahaya ponsel akan mengiritasi mata. Hal ini juga akan membuat mata menjadi lebih mudah mengering. Pelan-pelan, pengelihatanmu bisa mengalami gangguan, lho!

Kebanyakan orang yang bermain dengan ponsel di malam hari adalah dengan posisi menyamping, di mana sebagian besar mata melihat ponsel secara diagonal. Dilansir Inf News, hal ini berisiko menyebabkan strabismus atau mata juling.

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Alasan Kesehatan Penyebab Tubuhmu Cepat Lelah  

4. Mempercepat proses oksidasi pada kulit 

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuhilustrasi kulit (pexels.com/cottonbro)

Tak hanya mengganggu kesehatan mata, mengutip laman Sleep Foundation, kondisi kulit juga akan memburuk jika kamu terjaga sepanjang malam sambil menatap layar ponsel. Pasalnya, sinar radiasi yang dipancarkan oleh ponsel tersebut mempercepat proses oksidasi pada kulit.

Salah satunya memicu inflamasi pada kulit dan merusak pelindung kulit. Jadi jangan heran ketika muncul jerawat, kerutan, mata panda, kulit kusam, atau bahkan terjadi perubahan pigmen warna.

Terlihat sepele memang, tapi dampaknya bisa sangat merugikan, lho. Tentunya kamu tak mau terjadi penuaan dini bukan?

5. Bisa menyebabkan sakit kepala

5 Efek Buruk Sering Begadang Sambil Main Ponsel bagi Tubuhilustrasi pusing bangun di pagi hari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu sering merasa sakit kepala ketika bangun tidur? Mengutip Sleepio, bisa jadi kemungkinan karena kamu terlalu sering tidur hingga dini hari. Ketika tubuh dipaksa untuk tetap bangun pagi, sementara tubuh sendiri tidak diistirahatkan, maka yang terjadi adalah tubuh tidak bisa menyeimbangkan diri.

Alhasil kamu kerap mengalami pusing saat bangun esok paginya. Ini bisa terjadi karena tidak terpenuhinya otak untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sehingga, otak tidak dapat bekerja maksimal. Apalagi begadang dengan menatap layar ponsel saja, tentu akan semakin melemahkan kinerja otak.

Begadang jika sesekali tidak mengapa, asal jangan terlalu sering, apalagi sambil menatap layar ponsel. Itu yang bikin jadi masalah. Gak mau, kan, jika kamu sampai mengalami lima dampak di atas?

Baca Juga: 6 Penurunan Fungsi Organ yang Dialami Tubuh pada Usia 30

Malika Nabilla Larasati Photo Community Writer Malika Nabilla Larasati

Menulis=menambah wawasan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya