5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma Jogokariyan

Jajanannya lengkap banget!

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu berbuka puasa. Gak cuma jalan-jalan aja, kamu juga bisa ngabuburit seru sambil membeli takjil favorit. Di Yogyakarta, ada sejumlah pasar Ramadan yang punya berbagai jenis makanan dan minuman. 

Salah satunya ada di Jogokariyan yang selalu ramai terutama pada waktu sore menjelang berbuka puasa. Butuh alternatif lain? Ini nih spot berburu takjil di Kota Yogyakarta!

1. Pasar Ramadan Jogokariyan

5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma JogokariyanKampung ramadan Jogokariyan (instagram.com/wibowo_id)

Kampung Jogokariyan menjadi salah satu primadona tempat ngabuburit sekaligus berburu takjil di tengah Kota Yogyakarta. Pasar ramadan yang diadakan di sepanjang Jalan Jogokariyan ini selalu ramai dan dipadati warga. Banyak stand yang menjajakkan aneka makanan minuman kekinian dan tradisional. 

Hal lain yang membuat pasar tiban ini ramai adalah karena letaknya yang berdekatan dengan Masjid Jogokariyan. Selama bulan Ramadan, masjid yang sangat populer di Indonesia ini selalu membagikan paket buka bersama sebanyak 3 ribu porsi, lho. 

2. Pasar Ramadan Kauman

5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma JogokariyanPasar sore Kauman (instagram.com/taufiq.zorro)

Yang tak kalah populer dari Jogokariyan adalah Kampung Ramadan Kauman. Letaknya ada di Gang Pasar Tiban, Kauman, Ngupasan, Yogyakarta. Siapa yang sangka tradisi menggelar bazar dalam gang ini ternyata sudah dimulai sejak tahun 90an. 

Setiap penyelenggaraannya selalu ramai dikunjungi warga, sebelum berbuka. Banyak aneka makanan dan minuman baik yang kekinian maupun tradisional. Termasuk kicak, makanan khas Kauman yang berbahan ketan, nangka dan kelapa. 

3. Jalur Gaza Nitikan

5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma JogokariyanKampung ramadan Nitikan (instagram.com/pasco_sorogenen)

Pasar Ramadan di Nitikan ini memiliki nama julukan yang unik, lho yaitu Jalur Gaza. Meski disebut Jalur Gaza, namun tak ada kaitannya dengan negara Palestina, lho. Jalur Gaza ini merupakan kepanjangan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Azhar serba ada. 

Namanya cukup menarik dan disematkan karena banyaknya jajanan yang dapat dijumpai di sepanjang Jalan Sorogenen Yogyakarta. Kamu akan menemukan bermacam-macam jajanan dari dimsum, cilok, es cokelat, sosis dan lainnya. Jam bukanya mulai habis asar jam 15.00--19.00 WIB.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Takjil di Sleman, Jajanannya Lengkap dan Murah

4. Pasar Ramadan Malioboro

5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma JogokariyanPasar ramadan Malioboro (instagram.com/pasarramadhan_sosro)

Gak cuma jadi tujuan berburu suvenir dan oleh-oleh. Di bulan Ramadan, Malioboro punya pasar tiban/bazar makanan yang lengkap, lho! Lokasinya ada di sepanjang Jalan Sosrowijayan atau sebelah barat Malioboro. Aneka jajanan, minuman bisa dibeli di sini dengan harga murah. 

Buka dari tanggal 23 maret--19 april 2023. Pasar Ramadan ini bisa dikunjungi dari jam sore jam 15.00--19.00 WIB. Bisa sekalian ngabuburit, deh. 

5. Pasar Sore Langensastran

5 Spot Berburu Takjil di Kota Jogja, Bukan Cuma JogokariyanPasar ramadan Langensastran (instagram.com/pasarsorelangensastran)

Yang tak boleh dilewatkan saat ngabuburit dan berburu takjil adalah Pasar Sore Langensastran. Lokasinya ada di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Setiap harinya kawasan ini ramai dipenuhi pedagang makanan dan minuman di kiri kanan jalan. 

Tak hanya ada saat ramadan, pada hari biasa kawasan ini memang dikenal sebagai pusat jajanan di Alun-alun kidul Yogyakarta. Tak heran bila suasananya selalu ramai, ya? 

Lima pasar Ramadan di atas adalah spot berburu takjil di Kota Yogyakarta, sehingga mudah dijangkau oleh warga lokal dan wisatawan yang kebetulan ada di Kota Gudeg tersebut. Dari semua tempat di atas, mana nih yang jadi favoritmu? 

Baca Juga: 9 Masjid Jogja Bagi Takjil Gratis, Ribuan Porsi Dibagikan Tiap Hari

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya