Comscore Tracker

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di Yogyakarta

Siapa yang gak doyan ayam goreng?

Ayam goreng menjadi salah satu makanan yang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Hampir semua orang Indonesia tidak pernah bosan makan ayam goreng karena rasanya yang gurih dan mudah dijumpai.

Di Yogyakarta sendiri, ada 7 restoran ayam goreng yang jadi favorit karena rasanya yang terkenal enak. Di mana saja restoran ayam gorengnya? Yuk, lanjut baca artikelnya.

1. Ayam Goreng Bu Tini

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/ayamgorengbutini

Bumbu yang disajikan di Ayam Goreng Bu Tini memang tiada duanya. Ayam goreng kampung bacem yang empuk dan legendaris ini wajib kamu santap saat berada di Yogyakarta. Belum lagi paduan rasa manis dengan sambal pedasnya yang siap menggoyang lidah semakin membuat kamu wajib mencicipi di Ayam Goreng Bu Tini. Apalagi, tempatnya juga luas dan dilengkapi dengan area lesehan yang muat banyak orang.

Ayam Goreng Bu Tini terletak di Jl. Sultan Agung No.17, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Harganya pun sesuai dengan rasanya, satu ayam goreng bacem utuh dan ayam goreng kremes utuh masing-masing dihargai Rp122.500 yang bisa dimakan beramai-ramai.

Selain itu kamu juga bisa memesan menu per porsi berupa chicken basket seharga Rp20.000, ayam lombok ijo seharga Rp15.000, maupun menu lainnya yang bukan ayam dengan harga Rp35 ribuan. Selain itu menu sayur sebagai pelengkap juga tersedia dengan harga mulai Rp8.000 sampai Rp30.000.

2. Ayam Goreng Ny Suharti

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/rayhomecooking

Tak kalah legendarisnya di Yogyakarta, Ayam Goreng Ny. Suharti juga patut dicoba. Dengan rasa yang konsisten sejak tahun 1962, Ayam Goreng Ny. Suharti selalu sukses membuat puas para pecinta ayam goreng.

Rasa ayam kampung yang empuk dan gurih, ditambah suasana di restorannya yang luas dan nyaman membuat ayam goreng ini menjadi rekomendasi saat ingin makan ayam goreng bersama keluarga atau teman-teman. Belum lagi kremesan dan sambalnya yang melengkapi kelezatan ayam goreng Ny. Suharti, makin membuat orang-orang ketagihan untuk makan di sini lagi.

Menu ayam goreng besar di sini ditawarkan dengan harga Rp125.000, sedangkan ayam goreng dengan ukuran separuhnya ditawarkan dengan harga Rp63.000. Selain itu juga ada menu lain seperti ikan dan sayuran pelengkap dengan rentang harga mulai Rp10.000 sampai Rp33.000 untuk sayuran, dan Rp40.000 sampai Rp100.000 untuk ikan dan udang.

Ayam Goreng Ny. Suharti terletak di Jl. Gedong Kuning No. 187,  Kotagede, Banguntapan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Ayam Goreng Bugisan

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/ayamgorengbugisanjogja

Dengan bumbu ayam goreng kampung yang merasuk sampai ke tulang dan tidak alot beserta rasa sambalnya yang menggugah selera menjadikan restoran ayam yang terletak di Jl. Bugisan No. 42, Ngestiharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini layak direkomendasikan.

Selain itu restorannya juga cukup luas untuk rombongan dan keluarga jika ingin makan di tempat karena juga ada live music pada hari Senin dan Rabu malam yang akan menghibur pengunjung.

Terdapat beragam menu paketan yang bisa dipesan di sini, yaitu menu paket spesial yang terdiri dari ayam goreng bugisan, nasi, dua macam sambal, lalapan, kremesan, air mineral gelas, sayur, tahu, dan tempe dengan harga Rp26.500, Rp30.000 dan Rp35.000 tergantung bagian ayam yang dipesan.

Juga ada paket untuk 5 orang seharga Rp125.000, atau kamu juga bisa memilih paket ayam utuh dengan harga mulai Rp82.500 sampai Rp136.500 tergantung besarnya ayam yang dipilih. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Lezat di Yogyakarta, Cocok Buat Camilan Bersantai

4. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/kyirfano

Tak kalah lezatnya, ayam goreng jawa Mbah Cemplung menyajikan ayam goreng yang empuk namun tidak terlalu garing. Selain itu sambalnya juga mantap saat dimakan bersama ayam goreng kampungnya. Porsinya yang besar dijamin membuat kamu kenyang saat makan di sini. Selain itu, kamu juga akan disuguhi live music.

Kamu bisa mengunjungi Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung di Sendang Semanggi No. 5, Bangunjiwo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga yang disajikan per porsi mulai Rp25.000 sampai Rp45.000, sedangkan untuk ayam utuh harganya mulai Rp100.000 sampai Rp180.000.

5. Ayam Goreng Tojoyo

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/tumbarmerica

Ayam goreng di sini digoreng kering sehingga rasa kriuk dan gurihnya lebih terasa. Meskipun begitu, daging ayamnya tetap empuk saat dimakan lho. Selain daging ayam kamu juga bisa memesan aneka jeroan yang cocok untuk menemani makan ayam di sini. Jangan lupa untuk memesan aneka sup di sini yang cocok juga untuk menemani makanan utama.

Ayam Goreng Tojoyo ada dua cabang yaitu terletak di Jl. Urip Sumoharjo No. 133, Klitren, Kota Yogyakarta dan di Jl. Mayjend Sutoyo No. 62, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Harganya juga relatif terjangkau, satu porsi dada atau paha ayam hanya Rp17.000 saja.

6. Ayam Goreng Mbok Sabar

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/jogjabikinlaper

Ayam goreng kampung dengan cita rasa yang khas Yogyakarta banget bisa kamu temui di sini. Dengan rasa bumbu ayam merasuk yang manis dipadukan dengan sambal yang juga memiliki rasa pedas manis, cocok banget buat kamu yang memiliki lidah orang Yogyakarta asli. Selain itu tempat yang disajikan juga luas, cocok untuk datang bersama keluarga atau teman-teman kantor.

Sedangkan untuk harganya adalah Rp90.000 untuk ayam komplit, Rp85.000 ayam utuh, Rp45.000 untuk setengah ayam dan kepala, Rp20.000 untuk dada atau paha, dan Rp5.000 untuk kepala atau ati ampela. Harga-harga tersebut bisa memilih ingin ayam goreng bacem atau ayam goreng gurih. Ayam goreng Mbok Sabar terletak di Jl. Jagalan - Beji No. 23, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

7. Ayam Goreng Candisari

7 Rekomendasi Restoran Ayam Goreng Paling Favorit di YogyakartaInstagram.com/agc_yogya

Rekomendasi selanjutnya ayam goreng enak di Yogykarta adalah Ayam Goreng Candisari yang terletak di Jl. Solo No. 14, Kalasan, Sleman. Restorannya menyajikan tempat yang luas dan memiliki gaya bangunan kuno dengan berbagai dekorasi jadulnya. Selain itu rasa ayam yang enak, gurih, dan empuk, diimbangin dengan sambal yang cenderung pedas manis semakin membuat nyaman makan di sini.

Ada tiga harga sesuai dengan porsi ayam yang ditawarkan yaitu Rp25.000, Rp47.500, dan Rp95.000, dengan pilihan ayam goreng, ayam goreng penyet, ayam bakar, ayam bakar pedas, dan ayam saus tiram.

Kamu wajib coba karena resep Ayam Candisari adalah peninggalan dari Mbok Berek yang tinggal di Candisari dan terkenal akan ayam gorengnya sejak zaman penjajahan.

Itulah 7 rekomendasi restoran ayam goreng yang jadi favorit di Yogyakarta. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman kamu untuk makan ayam goreng recommended ini!

Baca Juga: Rasanya Nagih, Ini 5 Martabak Manis Paling Enak di Yogyakarta

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya